Rekomendasi Oleh-oleh Khas Dieng, Ada Carica hingga Purwaceng

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah Carica. thefruitforest.com

Ilustrasi buah Carica. thefruitforest.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSelain terkenal dengan tempat wisatanya yang mempesona, desa Dieng di Jawa Tengah juga memiliki oleh-oleh khas yang unik dan menarik. Tak cuma oleh-oleh berupa makanan, Dieng juga menawarkan ragam kerajinan tangan yang menonjolkan pesona lokal. Berikut oleh-oleh khas Dieng Wonosobo yang perlu diketahui beserta kisaran harganya.

12 Oleh-Oleh Khas Dieng

1. Carica

Carica merupakan sejenis buah yang mirip dengan pepaya dan berukuran kecil. Kemudian carica diolah menjadi salah satu produk oleh-oleh yang sangat populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Dieng

Olahan dari carica ini bermacam-macam dan tersedia dengan berbagai merk, serta dikemas secara menarik. Buah carica biasanya diolah menjadi sirup buah.

2. Kacang Dieng

Dok. tigadaunsnack.com

Kacang Dieng memiliki ukuran yang lebih besar daripada kacang umumnya. Selain itu, Kacang Dieng memiliki rasa yang gurih. Sehingga cocok dijadikan teman perjalanan.

3. Tempe Kemul

Tempe Kemul. (dok.cookpad.com)

Tempe Kemul merupakan makanan ringan olahan dari tempe yang digoreng dan dibalut tepung. Dinamakan kemul, berasal dari bahasa Jawa yang artinya selimut. Karena dalam proses pembuatannya diselimuti dengan tepung.

Di daerah Dieng banyak pedagang kaki lima yang menjual Tempe Kemul. Biasanya Tempe Kemul disajikan ketika masih hangat dengan cita rasa yang khas.

4. Petos

Petos merupakan singkatan Tempe Atos. Petos dapat dijadikan opsi untuk oleh-oleh Tempe Kemul agar tahan lama dan bisa dibawa pulang keluar kota. Bentuk dari Petos adalah keripik kering dan renyah.

5. Terong Belanda

Terong Belanda. (dok.popmama.com)

Terong Belanda merupakan tanaman yang menjadi primadona wisatawan yang mengunjungi Dieng. Terong Belanda dapat dijumpai di tepian jalan maupun ladang penduduk ketika berkunjung ke Dieng.

Terong belanda juga diolah menjadi beberapa produk, seperti dodol, manisan, sirup hingga permen yang dapat dijadikan oleh-oleh dari Dieng. Selain itu, Terong Belanda juga mengandung banyak vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

6. Purwaceng

Dok.halodoc.com

Purwaceng merupakan produk minuman khas Dieng. Purwaceng merupakan tanaman herbal yang berkhasiat bagi kesehatan. Purwaceng kemudian diolah menjadi minuman serbuk yang dikemas dalam sachet maupun botol kaca.

7. Teh Tambi

JADESTA- Kemenparekraf.com

Teh Tambi merupakan teh yang diproduksi oleh PT. Perkebunan Tambi di Kejajar. Warnanya yang hitam pekat membuat Teh Tambi terkenal dan berkualitas ekspor. Tidak hanya itu, Teh Tambi juga memiliki varian teh wangi dan teh hijau yang tak kalah dengan varian Teh Tambi yang hitam pekat.

8. Sagon

Dok.cookpad.com

Sagon merupakan makanan khas Wonosobo berbahan dasar tepung ketan dan parutan kelapa. Berbentuk bulat dengan memiliki cekungan di bagian tengah. Sagon diolah dengan dibakar di atas bara arang.

9. Dendeng Gepuk

Dendeng Gepuk Dieng. (dok.topijelajah.com)

Dendeng Gepuk merupakan makanan khas Wonosobo yang terbuat dari olahan daging sapi yang berupa dendeng. Selain itu, Dendeng Gepuk bisa diolah menjadi berbagai produk makanan yang sangat terkenal hingga ke luar negeri.

10. Wayang Kayu

harianhaluan.com

Wayang Kayu Dieng berbahan dasar kayu cemeti. Mengingat, pohon cemeti sendiri banyak tumbuh di Dieng, tepatnya di sekitar Danau Sembungan yang terletak di ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, cemeti juga merupakan kayu yang dikeramatkan oleh masyarakat Jawa. Kayu ini dianggap memiliki aura magis.

11. Kerajinan Bulu Domba Batur

Dok.Republika Ekonomi

Kerajinan Bulu Domba Batur merupakan kerajinan yang terbuat dari Bulu Domba Batur. Domba yang memiliki bulu berwarna putih dan tidak bertanduk. 

Domba ini kebanyakan mendiami Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Hal tersebut karena mereka cocok dipelihara di dataran tinggi yang memiliki hawa sejuk.

Ada beberapa macam kerajinan yang terbuat dari Bulu Domba Batur, seperti boneka, lukisan dan gantungan kunci.

12. Batik Wonosobo

Dok.Indonesiasenang.com

Batik Wonosobo terinspirasi dari berbagai hal yang ada di Wonosobo, terutama yang bisa ditemukan di Dieng. Motif batik ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Itulah 12 oleh-oleh khas Dieng Wonosobo yang dapat dijadikan pilihan ketika berlibur ke sana.

Pilihan Editor: Deretan Oleh-oleh Khas Surabaya, Bandeng Asap hingga Siropen Telasih

MASNING S. MUSLICHIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."