SATU Indonesia Awards 2024 Ingin Jangkau Lebih Banyak Generasi Muda, Pendaftaran Dibuka Hari Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Satu Indonesia Awards atau SIA ke-15 diadakan pada tahun ini. Pendaftaran mulai dibuka bagi peserta pada hari ini, Senin, 4 Maret hingga 4 Agustus 2024. SATU Indonesia Awards adalah apresiasi bagi anak bangsa yang telah berkontribusi untuk mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan melalui bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi. Bentuknya berupa pencarian, penjaringan, hingga penjurian peraih penghargaan. Penerima apresiasi tingkat nasional akan mendapatkan dana pembinaan kegiatan sebesar Rp65 juta.

“Dalam perjalanan ke 15 tahun ini, kegiatan ini cukup diterima baik oleh masyarakat. Terlihat dari jumlah pendaftar yang selalu meningkat,” kata Head of Environtmen & Social Responsibility Astra, Diah Suran Febrianti dalam pembukaan atau Kick Off SIA 2024 di Menara Astra, Jakarta Pusat, Senin, 4 Maret 2024.

Diah mengatakan SATU Indonesia Awards tahun ini ingin lebih menjangkau lebih banyak anak muda sebagai peserta peraih penghargaan. “Kami akan akan mendukung inovasi-inovasi dan menjadi penyemangat bagi anak muda,” ucap Diah.

Dia pun berharap lebih banyak peserta yang mendaftar di tahun ini. Tahun lalu, jumlah peserta yang mendaftar SIA 2023 yaitu 14.997.

Tema SATU Indonesia Awards 2024

Tahun ini, SATU Indonesia Awards mengusung tema “Bersama, Berkarya, Berkelanjutan”. Seremoni ini dimulainya pendaftaran SIA 2024 ditandai dengan pemasangan puzzle produk Plepah oleh para juri. Plepah adalah karya peraih apresiasi 2023 dari kategori kelompok, Footloose Initiative, berupa bingkisan dari bahan ramah lingkungan.

“SATU Indonesia Awards adalah salah satu bentuk komitmen Astra untuk ‘Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara’, sebagaimana tertuang dalam butir pertama filosofi Catur Dharma Astra," Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

"Hal tersebut juga sejalan dengan perjalanan 67 tahun Astra dalam mencapai cita-cita sejahtera bersama bangsa. Kami berharap dapat semakin banyak menjaring dan mengapresiasi anak muda inspiratif bangsa yang senantiasa semangat membangun negeri bersama, berkarya, berkelanjutan untuk hari ini dan masa depan Indonesia,” jelasnya.

Bincang Inspiratif dalam sesi AstraTalk: 15th SATU Indonesia Awards 2024

Faktor Penilaiaian SATU Indonesia Awards 2024

Ada beberapa faktor yang menjadi penentu dalam penilaian SIA, yang pertama ialah motif atau ide awal tentang kegiatan yang dimiliki, motivasi, dan sasaran. Faktor kedua yaitu seberapa besar hambatan dan tantangan yang dihadapi peserta serta apa yang dilakukan untuk mengatasi tantangan itu.

Ketiga yaitu hasil dan kegiatan dari program yang dilakukan. Keempat adalah dampak dan manfaat kepada siapa saja dan berapa banyak. Kelima, lalu program yang didaftarkan sudah berjalan lima tahun, artinya berkelanjutan. Peserta bisa mendaftarkan diri ataupun mendaftarkan temannya melalui website www.astra.co.id.

Syarat Penerima SATU Indonesia Awards 2024

Berikut adalah syarat dan ketentuan penerima apresiasi 15th SATU Indonesia Awards 2024: 

1. Program diinisiasi oleh Individu atau kelompok.

2. Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran.

3. Kegiatan harus orisinal.

4. Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun.

5. Kegiatan yang didaftarkan tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra.

6. Kegiatan yang didaftarkan belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional.

7. Kegiatan yang diajukan selaras dengan aspek sustainability yang meliputi environmental, social dan governance (ESG).

8. Bukan karyawan Grup Astra dan Mitra SATU Indonesia Awards.

9. Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards.

Sebagai informasi, SATU Indonesia Awards adalah agenda tahunan yang diadakan oleh Grup Astra bekerja sama dengan beberapa media massa di antaranya Tempo, Antara, Kumparan, IDN Times, dan Young on Top.

Pilihan Editor: Mengenal Lebih Dekat 3 Sosok Perempuan Inspiratif di Balik Brand Kami

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."