Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Kacang Kedelai untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kacang kedelai. Sustainablepulse

Ilustrasi kacang kedelai. Sustainablepulse

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang suka makan kacang kedelai? Bila sudah menjadi kebiasaan bagi kamu mengkonsumsinya, lanjutkanlah. Maklum ternyata ada beragam manfaat kacang kedelai bagi kulit. Sebuah studi klinis yang diterbitkan di Nutrients tahun 2023 menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai dapat membuat kulit terasa lebih terhidrasi dan membantu mengurangi garis-garis halus.

Studi ini dilakukan pada wanita pascamenopause, bahwa peserta yang mengonsumsi 30 gram protein kedelai setiap hari selama enam bulan mengalami peningkatan hidrasi kulit dan penurunan kedalaman kerutan dan pigmentasi.

Ditulis laman Well and Good, Kamis 29 Februari 2024, direktur ilmu dan penelitian nutrisi di Soy Nutrition Institute Global (SNI Global) Mark Messina, mengatakan pada penelitian dan uji klinis sebelumnya menunjukkan bahwa isoflavon kedelai mungkin memiliki efek menguntungkan pada kesehatan kulit, namun hanya sedikit profesional kesehatan yang menyadari manfaat ini. "Studi tersebut menunjukkan bahwa tingginya kandungan isoflavon dalam kedelai kemungkinan besar membuatnya sangat mendukung kulit," kata Messina.

Anda akan menemukan isoflavon di banyak makanan nabati, tetapi isoflavon terutama terkonsentrasi pada kacang kedelai. Senyawa alami ini biasanya diklasifikasikan sebagai "estrogen tumbuhan" dan meskipun fungsinya berbeda, senyawa ini meniru efek estrogenik pada kulit.

Isoflavon mungkin memberikan efek antioksidan, yang dapat menghambat efek merusak dari radikal bebas pada kulit Anda, dan mereka membantu merangsang sintesis dan konsentrasi hal-hal seperti kolagen dan asam hialuronat yang sering ditemukan pada produk perawatan kulit.

"Kacang kedelai dapat meningkatkan kadar asam hialuronat alami pada kulit, yang akan meningkatkan hidrasi kulit dan berkontribusi pada pengurangan munculnya garis-garis halus dan kerutan," katanya.

Menurut Messina, mengonsumsi dua porsi kedelai sehari, seperti dua gelas susu kedelai atau secangkir tahu, dapat memastikan asupan yang cukup dari isoflavon. Anda dapat mencoba berbagai resep seperti tempe dengan saus miso lemon, smoothie pisang berry, nacho berbahan dasar kacang kedelai, atau kue keju tahu lemon untuk memperkaya diet Anda dengan kedelai.

Pilihan Editor: Pola Makan Orang Lebih Sehat Saat Pandemi, Kedelai Jadi Primadona

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."