Tips Mencegah Anak Tenggelam saat Berenang, Belajar Teknik Napas Buatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi anak berenang. Shutterstock

Ilustrasi anak berenang. Shutterstock

IKLAN

4. Perhatikan Kedalaman Kolam

Orang tua dikatakan Ririe juga perlu memperhatikan kedalaman kolam dengan memastikan kolam yang akan digunakan anak memiliki kedalaman sesuai dengan umur dan tingginya. Jika anak belum mampu berenang dengan baik hindari kolam dengan kedalaman di atas satu meter. "Jika anak masih berusia di bawah empat tahun pastikan orang tua selalu memegang tangan anak saat berenang meskipun anak tersebut sudah mahir berenang," kata Ririe.

5. Kenakan Pelampung dan Hindari Bawa Mainan 

Sebelum turun ke kolam renang, kenakan pelampung pada anak yang sesuai dengan ukuran tubuh dan umurnya serta hindari membawa mainan ke dalam kolam renang karena dapat mengalihkan fokus anak ketika berenang serta dikhawatirkan anak akan terpeleset ketika mengambil mainan ke dalam kolam renang.

6. Pelajari Teknik Pemberian Napas Buatan

Sebagai antisipasi jika anak tenggelam, orang tua perlu mempelajari teknik pemberian napas buatan serta melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika anaknya memiliki kondisi kesehatan khusus.

Oleh sebab itu Ririe mengingatkan kemampuan berenang juga perlu dimiliki oleh anak-anak ketika berenang di kolam renang. Teknik renang dasar seperti cara bernapas, bergerak maju, dan mengambang perlu diajarkan kepada anak sejak dini.

7. Pastikan Anak dalam Kondisi Sehat dan Hindari Obat

Kemudian pastikan kondisi anak sehat saat akan berenang dan hindari mengkonsumsi obat yang dapat mengganggu keseimbangan dan koordinasi tubuh anak ketika berenang.

Sementara kiat untuk menjaga keselamatan anak ketika berenang di bak mandi yang umumnya dilakukan oleh anak usia bayi dan balita antara lain selalu mengawasi dan memperhatikan bayi ketika berada di bak mandi. "Perhatian orang tua jangan sampai teralihkan ketika anak berenang di bak mandi dan jangan meninggalkan anak di bak mandi sendiri tanpa pengawasan orang dewasa," kata Ririe.

Setelah selesai mandi, segera kosongkan air dalam bak mandi karena dikhawatirkan anak akan kembali masuk ke bak mandi yang terisi air ketika orang tua sedang tidak mengawasinya. Ririe juga mengingatkan keselamatan anak saat berada di dalam air haruslah menjadi prioritas utama orang tua serta pentingnya peran orang tua dalam mencegah insiden tenggelam pada anak.

Pilihan Editor: Manfaat Berenang di Air Dingin, Ringankan Gejala Menopause Hingga Atasi Cemas

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."