Konsumsi Apel Teratur Bantu Jaga Kesehatan Usus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita makan buah apel. Foto: Freepik.com/lifestylememory

Ilustrasi wanita makan buah apel. Foto: Freepik.com/lifestylememory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pakar kesehatan usus yang juga penulis buku 'The Fiber Fueled Cookbook' Will Bulsiewicz mengatakan mengonsumsi satu apel setiap hari dapat mencegah seseorang terkena penyakit kronis. Pakar itu, menyebutkan apel merupakan sumber serat yang baik. Satu apel berukuran sedang mengandung sekitar 4,4 gram serat. 

Apel juga mengandung fitokimia dalam jumlah yang besar, senyawa nabati yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit kronis.

Fitokimia ini memiliki sifat menyembuhkan yang membantu melindungi tubuh dari penyakit dan kanker tertentu, seperti yang dijelaskan oleh Bulsiewicz. "Selain itu, apel juga merupakan probiotik yang baik," katanya. 

Ia menambahkan bahwa apel juga merupakan sumber probiotik yang baik, karena seperti manusia, tumbuhan juga memiliki mikrobioma. Mikrobioma apel membantu dalam pertumbuhan dari bunga kecil menjadi buah yang matang.

Satu buah apel mengandung sekitar 100 juta bakteri, dan para ilmuwan percaya bahwa mikroorganisme dari apel berinteraksi dengan baik dengan mikroorganisme yang ada di dalam usus. 

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa hanya mengonsumsi apel saja tidak akan mencukupi untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Seorang ahli diet, Lauren Manaker, menekankan bahwa penting untuk memiliki pola makan seimbang dan gaya hidup sehat sebagai komponen penting dalam menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Dia juga menyoroti bahwa kebanyakan orang Amerika tidak memenuhi asupan buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari, sehingga menambahkan apel ke dalam pola makan dapat membantu mencapai tujuan ini. American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi empat hingga lima porsi buah dan sayuran setiap hari. 

Ahli diet lain, Courtney Coe menekankan bahwa meskipun mengonsumsi satu apel sehari tidak akan berbahaya, namun tanpa pola makan yang seimbang, manfaatnya mungkin tidak akan optimal. Coe juga menegaskan pentingnya memasukkan protein, lemak anti-inflamasi, karbohidrat kompleks, serta buah dan sayuran ke dalam pola makan sehari-hari. Ia mengingatkan bahwa setiap kelompok makanan memiliki profil nutrisi yang berbeda, dan memberikan manfaat terbaik ketika dikombinasikan secara seimbang.

Pilihan editor: 6 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Cegah Sembelit dan Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."