Tips Meracik Parfum untuk Pemula, Jangan Lupa Mencatat usai Mencium Aroma

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Bahan dan alat yang dibutuhkan saat belajar meracik parfum bersama Tokopedia dan Klei Studio. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Bahan dan alat yang dibutuhkan saat belajar meracik parfum bersama Tokopedia dan Klei Studio. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda berencana mengikuti kelas atau workshop meracik parfum sendiri dalam waktu dekat ini, luangkan waktu sejenak untuk mengintip pengalaman perdana Cantika mengikuti kelas meracik parfum bersama Tokopedia dan Klei Studio baru-baru ini. Bersama teman media lainnya, Cantika membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk meracik parfum sebanyak 15 ml yang sesuai selera masing-masing.

Sebelum mulai meracik parfum, perlu diketahui ada beberapa bahan dan alat yang disediakan oleh penyedia jasa workshop meracik parfum. Mulai dari botol berisi bahan dasar atau single notes, botol 15 ml, timbangan kecil, dan alkohol.

"Single notes yang kami pakai belum dicampur apa-apa, ini raw material sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Timbangan ini untuk memastikan formulasi sesuai perhitungan. Alkohol atau etanol 96 persen yang dipakai untuk pelarut parfum," ujar marketing partnership sekaligus edukator Klei Studio, Zantia Karinka Ariela di Jakarta Selatan, Rabu, 21 Februari 2024.

Setelah mengenal bahan dan alat, kemudian meracik parfum langkah demi langkah. Dan, poin penting yang perlu diperhatikan saat meracik parfum sendiri, yaitu mencatat usai mencium aroma agar tidak salah pilih saat meracik dan menghitung jumlah gram yang dipakai nantinya

Langkah-langkah Meracik Parfum

1. Memilih Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes

Langkah pertama adalah menentukan top notes, middle notes, dan base notes yang diinginkan. Ketiga bahan ini dibutuhkan agar aroma parfum seimbang dan berlapis. 

"Agar aroma parfum tidak flat. Parfum itu kan personal barat lagu ada intro, chorus, baru ref-nya, jadi itu salah satu komponen paling penting," jelasnya.

Menurut Zantia, top notes adalah aroma pertama yang dicium saat disemprotkan. Sementara middle notes ibarat lem yang merekatkan top notes dan base notes. Menurut dia, pilihan aroma di middle notes cukup banyak ketimbang dua notes lainnya. Adapun base notes adalah fondasi utama dari parfum yang Anda inginkan.

Lantas, apa saja pilihan aroma di top notes, middle notes, dan base notes? Di bagian top notes, ada kelompok citrus fruits dan aromatics. Aroma lemon, mandarin bergamot, neroli, grapefruit, dan juniper berry termasuk citrus fruits. Sementara pine needle, lavender, lemongrass, dan ginger termasuk aromatics.

Di bagian middle notes, ada kelompok floral, aquatic, green, fruity, spices. Untuk pilihan base notes, terdapat pilihan gourmand, woody, dan resin balsamic. Di kelompok gourmand, ada buttercream, milk, caramel, dan chocolate. Sandalwood, cedarwood, patchouli termasuk woody. Dan, di kelompok resin balsamic terdapat vanila dan tonka bean.

Untuk memudahkan saat memilih notes, Klei Studio memberi tanda warna di botol. Botol berwarna merah untuk top notes, biru untuk middle notes, dan kuning untuk base notes. Adapula botol yang berwarna biru dan kuning yang menandakan bisa dipakai untuk middle maupun base notes.

Untuk mencium aroma, terlebih dahulu ambil kertas parfum atau perfume paper, lalu tetes dua aroma dari setiap notes yang Anda suka. Masing-masing notes di kertas parfum yang berbeda. 

"Ada parfume paper, lalu (aroma yang dipilih) ditetes di titik yang sama, masing-masing satu tetes tidak perlu menunggu kering. Boleh kertasnya dikipas-kipas. Kalau sudah kering, kita cium aroma dari angin-anginnya. Itulah proyeksi aroma nantinya," jelas Zantia.

Oiya, Anda bisa mencium aroma biji kopi yang telah disediakan untuk menetralkan penciuman dari aroma satu ke aroma bahan dasar parfum lainnya.

Dan, jangan lupa mencatat nama aroma di bagian ujung lain kertas yang tidak terkena tetesan. Langkah ini memudahkan Anda saat memilih campuran aroma yang diinginkan dan menghitung seberapa banyak gram bahan parfum yang dipakai nantinya.

2. Mencatat dan Berhitung

Setelah menentukan aroma setiap notes yang diinginkan, Anda akan beralih ke sesi pencatatan dan penghitungan. Yang pertama, Anda mencatat dua aroma  bahan parfum di setiap notes. Berdasarkan penghitungan yang telah diberikan Klei Studio, masing-masing bahan parfum dalam setiap notes sama dengan 0,5 gram, sehingga total bahan yang digunakan sebanyak 3 gram. Angka inilah yang menjadi patokan saat meneteskan bahan parfum dari setiap notes.

Kelas belajar meracik parfum bersama Tokopedia dan Klei Studio pada Rabu, 21 Februari 2024. Foto: Istimewa

3. Tetes sekaligus Menimbang

Di tahap ketiga, atur timbangan ke nilai nol atau tared dan letakkan di area yang rata. Jika tidak rata, akan memengaruhi akurasi nilai timbangan.

Kemudian letakkan botol parfum di atasnya, lalu lepas penutup botol parfum.

Setelah itu, Anda mulai meneteskan bahan parfum sebanyak 0,5 gram dari setiap notes. Bila Anda mudah lupa, sebaiknya mengatur ulang timbangan ke angka nol setiap kali meneteskan bahan parfum.

4. Campur dengan Etanol

Setelah semua bahan parfum diteteskan, lanjut dengan menambahkan larutan alkohol atau etanol hingga mencapai leher botol parfum. Kemudian pasang tutup botol parfum dan kocok cukup kencang agar bahan-bahan tercampur rata.

5. Diamkan selama Dua Minggu

Perlu diingat, parfum racikan sendiri ini belum bisa digunakan saat itu juga. Alasannya percampuran secara manual alias tanpa mesin itu membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Jadi, simpan botol parfum di suhu ruangan.

Jika racikan parfum Anda tampak keruh, tak perlu khawatir. Itu menandakan salah satu bahan parfum adalah minyak essensial alias essential oil (EO) seperti lemon atau juniper berry. Agar parfum tidak keruh, taruh botol parfum di freezer selama dua hari. Setelah itu, botol parfum simpan di suhu ruangan.

Bagaimana tertarik menjajal kelas meracik parfum sendiri, Sahabat Cantika?

Pilihan Editor: Perbedaan Parfum, Eau de Toilette, dan Cologne

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."