Perbedaan Parfum, Eau de Toilette, dan Cologne

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menyemprotkan parfum di pergelangan tangan. Foto: Freepik.com/Lifestylememory

Ilustrasi wanita menyemprotkan parfum di pergelangan tangan. Foto: Freepik.com/Lifestylememory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Istilah wewangian berasal dari kata fragrant yang berarti 'aroma yang menyenangkan dan manis.' Jadi, benda apa pun yang diasosiasikan dengan kata ini berarti segala sesuatu yang meningkatkan atau menyempurnakan aroma benda lain yang Anda sukai. Namun, ada juga yang menggunakan istilah scent. Lalu, belakangan ini orang lebih suka menggunakan kata seperti cologne atau perfume, yang merupakan zat yang meningkatkan keharuman seseorang. Di antara beragam istilah wewangian yang beredar di masyarakat, kali ini kita mengulik perbedaan parfum, eau de toilette, dan cologne.

1. Parfum

Parfum memiliki konsentrasi minyak lebih dari 20 persen dan memiliki konsentrasi wewangian tertinggi yang bertahan hingga lebih dari enam hingga delapan jam.

Parfum juga memiliki harga dan permintaan tertinggi di pasar, dengan merek-merek elite yang memiliki rangkaian edisi terbatas menjadi pernyataan mode di pasar.

Orang yang memiliki kulit sensitif mungkin lebih cocok menggunakan parfum karena kandungan alkoholnya jauh lebih sedikit dibandingkan jenis wewangian lain seperti deodoran, juga tidak mengeringkan kulit.

2. Eau de toilette

Berasal dari  Bahasa Prancis, Eau de toilette memiliki konsentrasi wewangian antara 5 persen hingga 15 persen, dan salah satu jenis wewangian paling populer yang tersedia. Biasanya bertahan selama tiga hingga empat jam dan dianggap sebagai bagian dari tampilan sehari-hari bagi beberapa orang.

Istilah easy de toilette berasal dari istilah faire sa toilette yang artinya bersiap-siap. Oleh karena itu, jika Anda memakainya setiap hari, sebaiknya Anda memiliki wadah yang besar dan juga wadah yang kecil agar Anda dapat membawanya lebih sering.

3. Cologne

Cologne atau eau de cologne memiliki konsentrasi wewangian yang jauh lebih rendah yaitu sekitar 2-4 persen dan memiliki kandungan alkohol yang tinggi. Ini jauh lebih murah dibandingkan parfum dan eau de toilette dan umumnya bertahan sekitar 2 jam.

Cologne biasanya hadir dalam botol yang lebih besar dibandingkan dengan parfum dan eau de toilette dan sebagian besar menggunakan resep tradisional yang menggabungkan aroma jeruk, dan herba, dengan sedikit tambahan aroma dasar.

Semoga ulasan perbedaan parfum, eau de toilette, dan cologne bisa membantu Sahabat Cantika saat memilih wewangian yang dibutuhkan.

Pilihan Editor: Trend Parfum Lokal, Aroma Premium dengan Wangi yang Tahan Lama

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."