Survei: Gen Z dan Milenial Cari Inspirasi Liburan di Media Sosial dan Dadakan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam alasan wisatawan berlibur. Berdasarkan hasil survei RedDoorz Indonesia pada akhir Desember 2023 hingga pertengahan Januari 2024, Gen Z dan millenial Indonesia lebih banyak yang memutuskan liburan untuk menghilangkan stres. Sementara itu, wisatawan Gen X liburan karena ingin mendapatkan waktu berkualitas bersama keluarga.

Sebagai informasi, survei dilakukan untuk mengetahui perilaku wisatawan Indonesia dalam berlibur sepanjang tahun 2023. Survei ini melibatkan responden pelanggan RedDoorz dari kelompok Gen Z dan millenial usia 14-42 tahun, kelompok Gen X dari usia 43-50 tahun.

Kembali ke hasil survei lainnya, soal sumber referensi liburan. Sebanyak 73 persen kelompok wisatawan Gen Z dan millenial lebih suka mencari inspirasi liburan dengan membuka media sosial. Sementara untuk kelompok wisatawan Gen X masih senang mencari sumber-sumber inspirasi liburan lewat mesin pencari Google.

Sedangkan untuk pemilihan destinasi berlibur, Yogyakarta dan Bandung menjadi destinasi paling favorit sepanjang tahun 2023 yang dipilih ketiga kelompok wisatawan ini. 

Dalam hal pemilihan momen atau waktu untuk liburan, ketiga kelompok wisatawan ini ternyata lebih suka menghabiskan waktu libur di tiga momen penting. Sebanyak 40 persen memilih libur cuti bersama Natal dan Tahun Baru, 38 persen memilih libur sekolah, dan 37 persen memilih libur cuti Hari Raya Idul Fitri. Rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan untuk liburan bagi Gen Z dan Millennial adalah tiga hari, sedangkan Gen X cenderung menghabiskan waktu libur lebih lama hingga tujuh hari.

Liburan Spontan hingga Terencana

Temuan menarik lainnya adalah 41 persen wisatawan Indonesia dari kelompok Gen Z dan Millenial lebih suka merencanakan liburan secara spontan atau mendadak. Adapun 29 persen wisatawan kelompok Gen X tetap merencanakan liburan beberapa bulan sebelumnya. 

Perilaku wisatawan Gen Z dan Millenial yang merencanakan liburan secara spontan ini berpengaruh pada kebiasaan mereka dalam hal melakukan pemesanan (booking) kamar hotel. “Hal ini terlihat dari tingginya angka wisatawan yang memesan hotel RedDoorz dan multi-brand pada H-1 hingga di hari yang sama saat menginap,” kata Cut Nany, Head of Integrated Communications RedDoorz, dalam keterangan pers yang diterima Tempo, 24 Februari 2024.

Menurut hasil survei, selain harga yang terjangkau, pertimbangan wisatawan dalam memilih hotel RedDoorz dan multi-brand adalah karena kemudahan proses booking dan check-in, lokasi yang strategis, dan kenyamanan serta kebersihan hotel.

Selain itu, dari hasil survei juga diketahui bahwa 60 persen tamu hotel RedDoorz lebih banyak yang melakukan direct booking lewat website dan aplikasi RedDoorz. Sedangkan 33 persen melalui daring atau online melalui agen perjalanan.

Pilihan Editor: Mengulik Gaya Liburan Zaman Now, Solo Traveling dan Cari Ide Berwisata di Medsos

NIA PRATIWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."