Apakah Niacinamide Bisa Mengatasi Jerawat? Ini Jawaban Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Niacinamide adalah salah satu kandungan produk perawatan kulit alias skincare populer. Bahan pencerah ini dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan kemerahan sekaligus mengurangi munculnya garis-garis halus serta kerutan. Lalu, timbul pertanyaan apakah niacinamide bisa mengatasi jerawat? Ternyata begini jawaban dokter kulit. Jangan lewatkan bagi Anda pejuang jerawat atau acne fighter.

Apa itu Niacinamide?

Untuk menyegarkan ingatan kita bersama terlebih dahulu, niacinamide, yang juga dikenal sebagai vitamin B3, adalah vitamin yang larut dalam air dengan banyak manfaat berbeda untuk kulit,” jelas dokter kulit bersertifikat Jessie Cheung.

“Niacinamide menjadi lebih populer karena merupakan bahan serbaguna yang merupakan pilihan bagus untuk membantu mengatasi masalah perawatan kulit seperti perubahan warna dan kemerahan sekaligus lembut pada kulit,” jelasnya dikutip dari Byrdie, Senin, 19 Februari 2024.

Bahan ini meningkatkan produksi ceramide di kulit; ini penting untuk menjaga fungsi penghalang kulit. Penghalang ini membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi dari penyebab stres lingkungan seperti polusi juga radiasi sinar ultraviolet (UV). Selain itu, niacinamide memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan kemerahan dan iritasi kulit.

Apakah Niacinamide Bisa Atasi Jerawat?

Jawabannya ya, niacinamide dapat membantu mengatasi jerawat, kata dokter Cheung. “Niacinamide akan mengatasi jerawat dan menyeimbangkan produksi minyak sekaligus mengecilkan tampilan pori-pori,” jelasnya.

Dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick menambahkan bahwa niacinamide dapat membantu meratakan warna kulit dan memperbaiki tampilan hiperpigmentasi dan bintik hitam.

Cara Menambahkan Niacinamide ke Rutinitas Skincare

Jika Anda mempertimbangkan untuk memasukkan niacinamide ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda memulai:

1. Uji tempel: Sebelum menggunakan produk atau bahan baru apa pun, ada baiknya untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu (seperti mengujinya pada area kecil di kulit Anda). Ini akan membantu Anda menentukan apakah Anda memiliki reaksi buruk atau alergi terhadap niacinamide.

2. Mulailah dari konsentrasi rendah: Cheung merekomendasikan memulai dengan konsentrasi yang lebih rendah jika kulit Anda sensitif terhadap niacinamide. “Yang paling aman adalah mencari konsentrasi 2-5 persen, dan bahkan hingga 10 persen jika kulit Anda dapat menoleransinya,” jelasnya.

3. Pilih produk yang tepat: Niacinamide terdapat dalam berbagai produk perawatan kulit, termasuk serum, pelembap, toner, dan bahkan perawatan spot. Pertimbangkan jenis kulit Anda dan permasalahan spesifiknya saat memilih formulasi yang paling sesuai.

4. Jangan berlebihan: Menggunakan niacinamide dalam jumlah berlebihan belum tentu memberikan hasil yang lebih cepat atau lebih baik. Patuhi penggunaan yang disarankan dan berikan waktu pada bahan untuk bekerja secara ajaib.

5. Bersabarlah: Seperti bahan perawatan kulit lainnya, hasilnya mungkin tidak langsung terlihat. Beri diri Anda waktu untuk memperhatikan perubahan apa pun pada kulit Anda. Sebab efeknya dapat bervariasi tergantung pada faktor individu. Konsistensi adalah kuncinya.

Pilihan Editor: Manfaat Niacinamide untuk Kulit, Tak Cuma Melembapkan

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."