Hal-hal yang Perlu DIpertimbangkan saat Memilih Eyeliner Hitam atau Coklat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita merias eyeliner. Freepik.com

Ilustrasi wanita merias eyeliner. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Eyeliner salah satu produk riasan atau makeup di area mata. Produk yang digunakan di kelopak mata itu berfungsi mempercantik dan menegaskan bentuk mata. Eyeliner hitam atau coklat kerap jadi pilihan kebanyakan perempuan. Nah, di antara kedua warna tersebut mana lebih baik? Jawabannya kembali ke preferensi masing-masing dan kebutuhan penampilan saat itu. Jika Anda masih ragu, berikut sejumlah keunggulan dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan 

Keunggulan Eyeliner Coklat

1. Memberikan tampilan yang lebih halus dan cerah

Eyeliner warna coklat pada dasarnya lebih terang dan halus dibandingkan eyeliner hitam, menurut penata rias Tomy Rivero yang juga pendiri Tomy Rivero Beauty Lab. "Sangat bagus untuk menciptakan tampilan yang lebih lembut pada mata," ucapnya dikutip dari Byrdie, Selasa, 13 Februari 2024.

Jika Anda menginginkan tampilan riasan alami dan tanpa riasan, eyeliner coklat adalah pilihan terbaik Anda.

2. Efek mencerahkan

Meskipun siapa pun bisa memakai warna eyeliner apa pun yang mereka suka, Rivero mengatakan warna coklat sangat cocok untuk fitur yang lebih terang karena tidak sekeras warna hitam pekat. “Warna mata hijau dan abu-abu serta warna kulit sangat cerah dengan rona merah muda paling cocok untuk eyeliner coklat,” kata Rivero.

3. Banyak pilihan warna coklat

Ketika memilih eyeliner hitam, pilihan Anda pada dasarnya terbatas, yaitu hitam dan lebih hitam. Namun saat memilih warna coklat, Anda memiliki beragam warna untuk dipilih. “Ada variasi liner coklat, Anda bisa memilih yang memiliki sedikit lebih banyak warna merah atau perunggu, misalnya, sehingga Anda bisa benar-benar bermain dengan warna mata Anda,” kata penata rias Carly Giglio. "Pikirkan tentang roda warna dan kebalikannya yang akan membuat warna mata menonjol."

Jika Anda memiliki mata hijau, Giglio menyarankan untuk memilih warna coklat kemerahan. Jika mata Anda berwarna biru, dia merekomendasikan untuk menggunakan sesuatu dengan warna tembaga yang lebih hangat.

Keunggulan Eyeliner Hitam

1. Menambah efek drama

Dari Cleopatra hingga Elizabeth Taylor, eyeliner hitam telah menambahkan drama pada tampilan mereka. "Eyeliner hitam adalah sebuah pernyataan!" kata Giglio. Rivero mencatat bahwa tampilan yang lebih glamor, seperti mata kucing dan smoky, cenderung terlihat paling baik bila dibuat dengan eyeliner hitam.

2. Cocok dengan warna mata apa pun

Berbeda dengan warna coklat, yang cenderung lebih menonjol pada warna mata dan kulit terang, siapa pun bisa menggunakan eyeliner hitam untuk mempercantik penampilannya. "Hampir semua orang dengan warna mata apa pun bisa memakai liner hitam," kata Giglio.

3. Tersedia dalam berbagai format

Meskipun eyeliner hitam cukup monoton, bukan berarti Anda tidak bisa bereksperimen dengannya dalam format yang berbeda. Formula cair sangat bagus untuk membuat garis grafis yang mulus, sedangkan pensil dapat memberikan tampilan yang lebih lembut.

“Saya suka pensil untuk mencoreng atau bahkan memadukan dan membentuk bayangan untuk tampilan smoky eye, dan liner cair sangat bagus untuk garis yang bersih dan tajam,” kata Giglio.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Eyeliner Hitam atau Coklat

1. Gaya Penampilan yang Diinginkan

Secara alami, warna hitam lebih pekat daripada coklat, menurut penata rias Giglio. Oleh karena itu, pilihlah eyeliner hitam jika Anda menginginkan tampilan yang lebih menonjol, dan pilihlah eyeliner warna coklat untuk hari-hari riasan Anda yang lebih sederhana.

2. Warna mata dan warna kulit 

Meskipun kedua warna tersebut dapat terlihat indah pada siapa pun, Anda sebaiknya mempertimbangkan kontras yang tercipta dengan fitur alami dan suasana yang Anda inginkan saat memilih di antara keduanya.

“Jika Anda memiliki mata cerah dan kulit cerah, eyeliner hitam akan terlihat lebih dramatis pada Anda,” kata Giglio. Sederhananya, jika Anda berkulit putih dan tidak ingin drama eyeliner hitam, pilihlah yang berwarna coklat.

Kesimpulannya, saat mempertimbangkan eyeliner hitam atau coklat, preferensi masing-masing, warna mata dan kulit serta tampilan yang diinginkan menjadi kunci, menurut para penata rias.

Pilihan Editor: 5 Jenis Eyeliner yang Perlu Kamu Ketahui

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."