Hati Ayam jadi Makanan Kesukaan Putra Citra Kirana, Catat Kandungan Nutrisinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Citra Kirana usai ditemui di acara talkshow kolaborasi edukasi bertema Isi Piringku Demi Keluarga Masa Depan yang Sehat dan Penuh maslahat di Jakarta, Selasa, 6 Februari 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Citra Kirana usai ditemui di acara talkshow kolaborasi edukasi bertema Isi Piringku Demi Keluarga Masa Depan yang Sehat dan Penuh maslahat di Jakarta, Selasa, 6 Februari 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Citra Kirana mengaku bersyukur karena tidak ada kendala yang cukup berarti saat menyiapkan makanan untuk putranya, Keene Atharrazaka Aditya. Terlebih saat ini, Athar ikut makan menu keluarga karena sudah berusia 3 tahun lebih. 

"Jadi yang penting protein tetap dapat setiap penyajian makanan, baik itu nabati atau hewani. Tidak begitu sulit menyiapkan makanan dia, karena walau menunya sama dengan kami tetap dicek kandungan gizinya," ucap Citra Kirana usai ditemui 

Istri Rezky Aditya ini mengatakan, selain suka makan buah dan sayur, Athar juga makanan favorit yakni olahan hati ayam. " Dia favorit banget kalau aku masakin hati ayam, aku kenalin hati ayam sejak Athar masih MPASI," ujarnya.  

Nutrisi Hati Ayam

Hati ayam termasuk salah satu makanan yang mengandung nutrisi tinggi khususnya untuk pertumbuhan anak. Kandungannya antara lain protein, seng, tembaga, zat besi, dan vitamin B dalam setiap porsinya.Hati ayam sangat kaya akan vitamin B12, mikronutrien penting yang terlibat dalam sintesis DNA, pembentukan sel darah merah, dan kesehatan saraf.

Satu porsi hati ayam matang 3,5 ons (100 gram) mengandung nutrisi berikut: 

Kalori: 185
Protein: 26 gram
Lemak: 8 gram
Karbohidrat: 0,1 gram
Vitamin B12: 304% dari Nilai Harian (DV)
Seng: 66% dari DV
Riboflavin: 57% dari DV
Tembaga: 56% dari DV
Asam pantotenat: 53% dari DV
Besi: 50% dari DV
Folat: 20% dari DV
Vitamin B6: 19% dari DV
Niasin: 18% dari DV
Fosfor: 16% dari DV
Selenium: 15% dari DV

Hati ayam kaya akan seng, yang diperlukan untuk pertumbuhan sel, penyembuhan luka, dan pengelolaan gula darah. Selain itu, juga dapat meningkatkan asupan riboflavin, vitamin B yang larut dalam air yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme energi.

Ada beberapa cara mengolah hati ayam, namun salah satu cara yang paling populer adalah dengan menggorengnya. Untuk memulainya, cukup lumuri hati ayam dengan sedikit minyak zaitun dan bumbu favorit Anda, seperti bubuk bawang putih, merica, jintan, cabai kering, atau garam.

Selanjutnya, tambahkan ke dalam wajan dan masak dengan api sedang-besar selama 5–10 menit, atau sampai matang sepenuhnya dan bagian tengahnya tidak lagi berwarna merah muda. Terakhir, sajikan bersama sayuran pilihan Anda, seperti jamur, bawang bombay, kentang, atau wortel, lalu sajikan selagi hangat.                                    

Pilihan Editor: Potret Selebritis Nonton Konser Coldplay, dari Citra Kirana hingga Tissa Biani

HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

       

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."