Rekomendasi 5 Destinasi di Pasuruan, Kebun Raya Purwodadi hingga Makoya Pandaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kebun Raya Purwodadi. Dok. LIPI

Kebun Raya Purwodadi. Dok. LIPI

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasuruan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Dari segi sejarahnya, kota ini berdiri pada 8 Februari 1686 atau 338 tahun silam. Dikutip dari Wikiwand, sebelum menjadi kota, Pasuruan dikenal sebagai pusat perdagangan rempah-rempah dan hasil pertanian yang makmur. Selain memiliki sejarah yang kaya, Pasuruan juga menawarkan berbagai destinasi wisata menarik bagi para pengunjung. Berikut lima destinasi wisata di Pasuruan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi merupakan taman botani yang terletak di Desa Purwodadi, Pasuruan. Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang memiliki tugas dan fungsi mengoleksi tumbuhan yang hidup di dataran rendah yang kering. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Bali.

Kebun raya yang didirikan pada 1941 ini merupakan Balai Konservasi Tumbuhan yang bernaung dibawah dan bertanggung jawab kepada Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga IImu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Di kebun raya Purwodadi, kita bisa menikmati keindahan koleksi tanaman dari palem, anggrek, taman bougenvile hingga rumah kaca menyimpan beberapa tanaman.

2. Taman Dayu Waterpark

Taman Dayu Waterpark. Traveloka

Taman Dayu Waterpark adalah rekomendasi destinasi wisata di Pasuruan yang sayang untuk dilewatkan. Sebuah objek wisata kolam renang di Pasuruan, yang dipadukan langsung dengan wahana outbound. Kolam renang dilengkapi dengan berbagai fasilitas wahana air.

3. Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru adalah destinasi wisata alam yang terkenal yang terletak di desa Sumber Rejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Pemandian ini menawarkan kolam renang alami dengan air yang jernih dan segar. Pengunjung dapat berenang, bermain air, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, di sekitar pemandian terdapat fasilitas lain seperti area piknik dan warung makan.

4. Makoya Pandaan

Makoya Pandaan, Pasuruan. Instagram/makoya_dapurbakar

Makoya Pandaan  merupakan tempat rekreasi dan wisata kuliner yang terletak di Pandaan, Pasuruan. Selain menawarkan berbagai macam kuliner khas Pasuruan yang lezat dan unik, pengunjung dapat menikmati makanan tradisional Jawa Timur seperti bebek bakar, ikan bakar, ayam bakar dan berbagai masakan khas tradisional lainnya.

5. Wisata Bukikilas Flora

    Destinasi wisata bukit flora terletak di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Wisata ini menampilkan panorama alam yang indah dengan beraneka ragam jenis bunga dan tanaman hias dari berbagai daerah seperti anggrek, krisan, bunga lainnya.

    So, jangan lupa bertandang saat jalan-jalan ke Pasuruan, ya, Sahabat Cantika.

    MALINI | NATIVEINDONESIA | WIKIWAND

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."