5 Sebab Kamu Merasa Ingin Tidur setelah Makan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita mengantuk atau menguap.  shutterstock.com

Ilustrasi wanita mengantuk atau menguap. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTidur salah satu cara untuk seseorang bisa rileks. Sayangnya, ada orang yang malah ingin tidur sesaat sebelum makan. Tentu saja hal itu tidak dianjurkan, karena tidur usai makan bisa mengganggu pencernaan dan metabolisme tubuh.

Menurut Times of India, saat tidur seseorang membutuhkan waktu lama untuk memecah molekul makanan. Akibatnya, cara yang terbaik adalah menghindari tidur tepat setelah makan makanan berat.

Meski demikian, seringkali mengantuk usai makan berat menjadi kebiasaan yang sulit dihindari, terutama pasca makan siang. Kelelahan setelah makan atau yang dikenal sebagai post-prandial somnolence merupakan hal yang lazim terjadi.

Menurut Verywell Health, kelelahan pasca makan adalah fenomena alami yang dialami oleh banyak orang dari waktu ke waktu. Namun, jika kelelahan tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan karena bisa menjadi gejala dari kondisi medis lain.

Para peneliti telah mengidentifikasi beberapa faktor mendorong orang tidur setelah makan. Apa saja?

1. Saat Makan

Waktu makan seseorang dapat memengaruhi tingkat energinya.

2. Nutrisi

Triptofan, melatonin, dan fitonutrien lainnya dapat meningkatkan rasa kantuk.

3. Jenis Makanan

Makanan yang mengandung karbohidrat dan protein dapat menyebabkan rasa kantuk. Beberapa peneliti menganggap bahwa produksi serotonin yang lebih banyak oleh tubuh setelah makan dapat menyebabkan rasa lelah. Serotonin adalah zat kimia yang berperan dalam regulasi suasana hati dan siklus tidur.

Menurut Medical News Today, asam amino triptofan yang ada dalam makanan kaya protein membantu tubuh menghasilkan serotonin. Sementara itu, karbohidrat membantu penyerapan triptofan. Oleh karena itu, makan makanan yang kaya protein dan karbohidrat bisa menyebabkan mengantuk.

Beberapa sumber triptofan adalah salmon, unggas, telur, bayam, susu, produk kedelai, dan keju. Sedangkan, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi antara lain pasta, nasi, roti putih, kue, donat, gula, dan permen. Orang sering kali mengonsumsi kombinasi protein dan karbohidrat sebelum tidur, misalnya sereal dengan susu.

4. Jumlah Makanan

Orang cenderung lebih mengantuk setelah makan dalam porsi besar. Makanan berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan penurunan energi.

5. Faktor Lain

Ada juga faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan seseorang mengantuk atau tidur setelah makan, seperti kurang tidur di malam hari yang membuat lelah di siang hari, dan minum alkohol saat makan.

Pilihan Editor: Sering Mengantuk Setelah Makan Siang, Cek Makanan dan Gaya Hidup

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

RACHEL FARAHDIBA REGAR

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."