5 Cara Memakai Lipstik Merah agar Tahan Lama, Menurut MUA

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita dengan lipstik yang merah merona. shutterstock.com

Ilustrasi wanita dengan lipstik yang merah merona. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lipstik merah satu tampilan riasan paling klasik yang sering dipakai di karpet merah dan dalam kehidupan sehari-hari. Lipstik merah tidak pernah ketinggalan zaman. Memakai lipstik merah juga dapat meningkatkan rasa percaya diri secara instan. Berikut ini cara memakai lipstik merah yang benar dan tahan lama menurut penata rias atau makeup artist (MUA) selebriti Shayna Goldberg.

1. Persiapkan Kulit Bibir

Mempersiapkan kulit Anda untuk tampilan riasan apa pun merupakan langkah penting yang tidak boleh dilewatkan, begitu pula bibir Anda sebelum mengaplikasikan lipstik merah. Namun persiapan untuk ini sebenarnya cukup minim dan tidak serumit yang Anda bayangkan.

"Saya suka mengelupas bibir sebelum memakai lipstik merah dan mengeringkannya dengan tisu atau bahkan menambahkan bedak tabur," kata Goldberg.

Yang penting adalah tidak menggunakan hidrasi dalam bentuk apa pun pada bibir untuk memastikan pengaplikasiannya halus dan tahan lama serta lipstik benar-benar menempel pada kulit tanpa tergelincir.

Setelah melakukan eksfoliasi bibir, Goldberg suka memulai dari dalam ke luar, mengaplikasikan lapisan tipis lipstik, dan menekan dengan lembut.

"Dari sana, saya merasa lebih mudah menggunakan lip liner dengan warna serupa dan membentuk bentuk yang Anda inginkan," jelasnya.

2. Pakai Lip Liner

Setelah pengelupasan kulit dan pengaplikasian lipstik awal pada area bibir bagian dalam, Goldberg merekomendasikan penggunaan lip liner untuk mulai membentuk bentuk yang Anda inginkan. Mulai dari bagian bawah bibir terlebih dahulu, kemudian melanjutkan pembentukan di bagian atas bibir sambil menggunakan liner untuk mengisi bibir untuk menciptakan warna dasar sebelum lipstik.

Baik Anda ingin membentuk bibir alami atau menggambarnya sedikit secara berlebihan, lip liner adalah langkah penting yang tidak boleh dilewatkan saat menciptakan lipstik merah yang tahan lama. Lip liner dapat menciptakan bentuk yang tidak bisa dilakukan oleh lipstik.

3. Pakai Lipstik Merah

Setelah Anda membentuk bibir dengan lip liner, Anda bisa mulai mengaplikasikan lipstik pilihan Anda.

"Saya mengaplikasikan lipstik di atas liner, menjaga bentuk semaksimal mungkin. Saya mulai dari bagian tengah bibir saya terlebih dahulu, lalu meluncur ke luar untuk memastikan saya mencapai sudut bibir saya sebaik mungkin," jelas Goldberg.

4. Sempurnakan dengan Lip Liner

Setelah mengaplikasikan lipstik, Anda bisa kembali menggunakan lip liner untuk membantu mempertegas bentuk dan menghaluskan bagian tepinya. Bagian ini sangat penting karena dapat membantu mengunci lipstik dan memastikannya bertahan lebih lama (ditambah lagi, Anda dapat meningkatkan saturasi warna bibir). Dan karena bibir adalah fokus dari keseluruhan penampilan saya, tentu Anda ingin memastikan bentuknya persis seperti yang seharusnya.

Tidak punya lip liner merah? Tidak masalah. Jika Anda memiliki lip liner warna nude, itu juga bisa digunakan. Anda hanya perlu sedikit lebih strategis dengan aplikasi Anda. Jika warna nude sedikit lebih dalam, Anda harus melapisinya dengan lipstik untuk membantu menyembunyikan warnanya sehingga tampak serasi.

5. Aplikasikan Concealer

Ada kemungkinan lipstik merah akan luntur atau tercoreng selama pengaplikasian. Jadi, setelah Anda selesai mengaplikasikan lipstik dan liner, kembalilah menggunakan concealer dan kuas concealer untuk membersihkan lipstik di luar garis alami bibir Anda.

Anda dapat mengaplikasikan concealer dengan mengaplikasikannya di sekitar mulut, lalu kembali menggunakan kuas dan membaurkannya untuk membantu menonjolkan bentuknya dan membersihkan kesalahan apa pun. Anda juga dapat menghaluskan pinggirannya dengan kapas, lalu menggunakan concealer.

Setelah Anda membentuk bibir Anda dengan sempurna, Anda siap untuk menampilkan tampilan lipstik merah yang sempurna dan bertahan lama.

Pilihan Editor: Belum Percaya Diri Pakai Lipstik Merah? Yuk Simak Tips Berikut Ini

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."