Perjalanan Karier Miley Cyrus jadi Aktris dan Penyanyi, Sempat Ditentang Sang Ayah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Miley Cyrus. Instagram.com/@mileycyrus

Miley Cyrus. Instagram.com/@mileycyrus

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Awal tahun 2024 menjadi momen bersejarah bagi penyanyi dan penulis lagu, Miley Cyrus. Untuk kali pertama, dia meraih penghargaan di Grammy Awards 2024. Dia membawa pulang dua piala, yaitu Best Pop Solo Performance dan Record of the Year berkat lagu Flowers.

Lagu Flowers diketahui dirilis pada Jumat, 13 Januari 2023. Tanggal tersebut bertepatan dengan ulang tahun mantan suaminya, Liam Hemsworth. 

Berdasarkan laporan New York Post, penggemar Miley Cyrus langsung ramai memberikan komentar pada video musik Flower yang diunggah Cyrus di Instagramnya. Para penggemar berpendapat bahwa lirik lagu Flowers merupakan sebuah gambaran bahwa kini Miley Cyrus sudah berubah menjadi pribadi yang baru dan lebih dapat mencintai dirinya sendiri.

"I can love me better than you can (Aku bisa mencintai diriku lebih baik dari yang kamu bisa)," demikian sepenggal lirik lagu tersebut yang dinyanyikan Cyrus dalam video di Instagram pribadinya.

Sebagai informasi, Miley Cyrus dan Liam Hemsworth menikah pada 2018. Kurang dari setahun mereka memutuskan bercerai pada 2019. Perjalanan cinta mereka bermula saat syuting film The Last Song pada 2009. Sempat bertunangan pada 2012, lalu putus di 2013, dan balikan pada 2015.

Terlepas dari riwayat cintanya, nama Miley Cyrus di industri hiburan Hollywood cukup cemerlang. Dia merintis karier sejak dini dengan menjadi aktris. Yuk, kita mengenal lebih dekat Miley Cyrus dan perjalanan kariernya.

Profil

Miley Cyrus lahir 23 November 1992, Franklin, Tennessee, Amerika Serikat. Dia anak dari penyanyi dan aktor country, Billy Ray Cyrus dan istrinya, Tish. Dia dibesarkan di kawasan pertanian keluarganya di luar Nashville, Amerika.

Wataknya yang cerah semasa kecil membuat dia mendapat julukan "Smiley Miley". Dia mengubah namanya secara resmi menjadi Miley Ray Cyrus pada tahun 2008. 

Rintis Karier Akting sejak Usia 9 Tahun

Meskipun awalnya sang ayah enggan membiarkan Cyrus mengikuti jejak bisnis pertunjukannya, dia berhasil mendapatkan peran dalam sebuah episode serial TV Doc. Kala itu, dia berusia sembilan tahun. Kemudian dia membintangi film Big Fish (2003).

Pada tahun 2005, Cyrus mengikuti audisi untuk peran utama dalam Hannah Montana, serial Disney Channel tentang seorang gadis yang menjalani kehidupan ganda sebagai siswa sekolah menengah biasa dan, dengan bantuan wig pirang, sekaligus penyanyi pop yang glamor.

Meskipun awalnya dianggap oleh para eksekutif terlalu kecil dan muda untuk karakter tersebut, dia bertahan dan meraih peran tersebut. Acara tersebut memulai debutnya pada tahun berikutnya (menampilkan Billy Ray sebagai ayah TV-nya) dan langsung menjadi sensasi, mencetak rekor rating untuk televisi kabel dan mengubah anak berusia 13 tahun itu menjadi bintang bersinar.

Bertujuan untuk memanfaatkan daya tarik pasar anak muda, album soundtrack yang menampilkan musik Hannah Montana dirilis pada tahun 2006, dan akhirnya terjual lebih dari tiga juta kopi. Kemudian disusul dengan kesuksesan yang sama Hannah Montana 2: Meet Miley Cyrus (2007), yang dikemas dalam bentuk CD ganda, dengan separuh materi atas nama Cyrus sendiri.

Pada akhir tahun 2007, Cyrus memulai tur nasional bertajuk "Best of Both Worlds" untuk mendukung album terbarunya. Dua konser dari tur tersebut difilmkan dan disajikan sebagai film tiga dimensi alias 3-D. Film tersebut menghasilkan lebih dari USD30 juta pada akhir pekan pembukaannya, meskipun hanya dirilis di bioskop tertentu.

Karier Musik Miley Cyrus

Meskipun sudah terkenal di kalangan demografi praremaja, dia mendapatkan eksposur yang lebih luas di awal tahun 2008 ketika lagunya See You Again masuk ke tangga lagu pop. Masih di tahun yang sama, dia merilis album Breakout dan menjadi pengisi suara film animasi Bolt. Untuk yang terakhir, Cyrus menulis lagu I Thought I Lost You, yang dinominasikan untuk Golden Globe Award.

Meski status selebritasnya meningkat, Cyrus masih kerap dikaitkan dengan Hannah Montana di berbagai media. Pada awal tahun 2009 dia membintangi Hannah Montana: The Movie dan bernyanyi di soundtracknya, dan dia kemudian mengeluarkan dua album soundtrack tambahan (2009, 2010) untuk acara televisi tersebut sebelum episode terakhirnya ditayangkan pada tahun 2011.

Di sela-sela itu, Cyrus terus membuat karya di musik. Dia merilis mini album The Time of Our Lives (2009), yang menampilkan hit Party in the USA dan album Can't Be Tamed (2010).

Pada tahun 2013, Cyrus merilis album Bangerz, yang terinspirasi dari karya sebelumnya dalam pengaruh hip-hop dan liriknya yang sering kali bertema dewasa. Gaya barunya dituangkan dengan lagu We Can't Stop, sebuah syair hedonisme yang dia bawakan dengan gaya yang kontroversial, di MTV Video Music Awards.

Lagu ballad Wrecking Ball menjadi lagu pertama Cyrus yang menduduki puncak tangga lagu single Billboard. Dia kemudian menyimpang dari arus utama dengan Miley Cyrus & Her Dead Petz (2015), kumpulan lagu-lagu psikedelik longgar yang sebagian besar direkam dengan band rock.

Kemudian album Younger Now (2017) berisi sejumlah lagu bernuansa ballad dan country, salah satunya berduet dengan Dolly Parton. Album studio ketujuh Cyrus, bernuansa rock Plastic Hearts (2020), lebih jauh menyoroti keserbagunaannya.

Miley Cyrus juga diketahui pelatih di kompetisi menyanyi televisi The Voice pada tahun 2016 hingga 2017. Bersama Woody Allen dan Elaine May, dia membintangi serial TV Crisis in Six Scenes (2016).

Pilihan Editor: Bawa Pesan Self Love, Single Flowers Milik Miley Cyrus jadi Lagu Paling Banyak Didengar

BRITANNICA | NBC

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."