7 Cara agar Pasta Tidak Lengket

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi merebus pasta. Getnowapp.com

Ilustrasi merebus pasta. Getnowapp.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memasak pasta mungkin terlihat mudah dan tak butuh waktu lama. Akan tetapi, ada beberapa tantangan dalam membuatnya termasuk mencegah pasta tidak lengket. Sebab pasta mudah saling menempel dan menggumpal saat direbus. Untuk mencegah hal itu, berikut sederet cara agar pasta tidak lengket.

1. Gunakan panci besar dan air yang banyak

Rebus setidaknya empat hingga enam liter air untuk setiap pon atau 454 gram pasta agar bisa dimasak dengan benar. Jika Anda menggunakan terlalu sedikit air dan terlalu sedikit ruang, masing-masing pasta tidak akan memiliki ruang untuk terpisah satu sama lain. Bukan cuma itu, air pasta akan menjadi terlalu bertepung, sehingga pasti akan menggumpal.

2. Masukkan pasta hingga air benar-benar mendidih

Jika Anda adalah tipe orang yang melempar pasta begitu gelembung terbentuk di air panas, itu tidak tepat.  Kemungkinan besar Anda akan menyiapkan pasta yang lembek atau lengket. Itu karena pasta bertahan di dalam air lebih lama dari yang seharusnya, dan pasta itu sendiri membutuhkan lebih banyak air, sehingga menjadi lembek dan lengket.

3. Beri garam secukupnya

Mengasinkan air tidak hanya memberi rasa pada pasta, tetapi juga dapat membantu menjaga pati dalam pasta agar tidak menggumpal, sehingga mengurangi risiko pasta lengket. Usahakan untuk menambahkan satu atau dua sendok makan garam untuk setiap liter air, yaitu sekitar seperempat atau setengah cangkir garam untuk sekitar 400 gram pasta. Anda sebaiknya memasukkan garam segera setelah air mendidih.

4. Aduk pasta sesering mungkin

Mengaduk pasta bisa membantu menghilangkan bagian yang lengket sebelum menjadi gumpalan penuh.  Usahakan untuk mengaduk pasta sepenuhnya dalam dua menit pertama pemasakan, lalu satu atau dua menit lagi saat pasta dimasak.

5. Ikuti rekomendasi waktu merebus

Umumnya, di label bungkus pasta tertera waktu beberapa menit untuk membuat pasta matang, jadi atur timer Anda sesuai dengan itu. Anda mungkin ingin mengurangi waktu memasak beberapa menit jika pasta Anda akan digunakan dalam hidangan yang memerlukan pemasakan lebih lanjut, seperti hidangan panggang karena pasta akan semakin melunak saat dimasak.

Cara terbaik untuk menguji kematangan pasta adalah dengan menggigit mie. Jika itu "al dente", yang berarti "ke gigi" dalam bahasa Italia dan pasta masih memiliki kekencangan saat Anda menggigitnya, saat itulah Anda mengeringkan pasta dan menambahkan saus.

Jangan memasaknya melebihi waktu yang disarankan, karena pasta akan menjadi lembek, air akan menjadi bertepung, dan kemungkinan besar pasta Anda akan lengket.

Saat Anda mengeringkan, simpan satu atau dua cangkir air pasta sebagai cadangan. Anda bisa menambahkan sedikit ke dalam saus pasta jika terlalu kental atau tidak menempel pada mie Anda.

6. Jangan biarkan pasta berada di dalam saringan terlalu lama

Usahakan saus Anda siap pada waktu yang sama atau idealnya, beberapa menit sebelum pasta siap, sehingga Anda dapat mencampurnya dengan pasta segera setelah matang.

Jika Anda membiarkan pasta mendingin terlalu lama, sisa pati pada mi akan mulai saling menempel, dan Anda akan kesulitan memecahnya untuk mendapatkan hidangan pasta yang lembut.

7. Jangan bilas pasta

Membilas pasta dapat menghilangkan pati yang membuat pasta lengket. Jadi, lewati membilas pasta!

Pilihan Editor: 3 Cara Menyimpan Pasta, dari yang Pasta Kering hingga Pasta yang Dimasak

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."