Jalan-jalan ke Cimahi, Sambangi Keindahan Objek Wisata Alam atau Budaya Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kampung Buyut Cipageran. Instagram

Kampung Buyut Cipageran. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kota Cimahi yang terletak di Bandung barat terkenal dengan wisata alamnya yang menawan. Hawa sejuk, panorama alam indah, dan lokasi strategis membuat Cimahi menjadi objek wisata yang menarik dikunjungi. Dikutip dari berbagai sumber, berikut objek wisata alam atau budaya di Cimahi yang dapat Anda kunjungi.

1. Curug Cimahi 

Curug Cimahi adalah air terjun yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi.

Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 10 kilometer dari Kota Cimahi ke arah Lembang atau 20 kilometer dari Kota Bandung. Lokasi Curug Cimahi berada diatas ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut dan curug ini memiliki sekitar 500 anak tangga.

Salah satu keistimewaan Curug Cimahi adalah saat menjelang sore serta malam hari air terjun akan memancarkan cahaya dan berubah menjadi air terjun pelangi yang membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

2. Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata Cimahi letaknya di jalan Kolonel masturi KM. 4 No. 157, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi Jawa Barat. Dikutip dari alamwisatacimahi.com, Alam Wisata Cimahi memiliki konsep wisata yang menggabungkan kuliner, peternakan dan edukasi pertanian. Adapun beberapa fasilitas modern yang ada di Alam Wisata Cimahi di antaranya restoran, outbound, jembatan gantung, flying fox, fox garuda, delman, ATV rider, menangkap ikan di kolam lumpur dan masih banyak lagi.

3. Kampung Adat Cireundeu

Tempat wisata Cimahi satu ini cocok dikunjungi jika Anda ingin mempelajari budaya dan kuliner kota Cimahi. Selain mempelajari budaya masyarakat kota Cimahi, Anda juga dapat menikmati pemandangan yang indah sambil berinteraksi dengan warga Cimahi yang ramah. 

Cireundeu berasal dari nama “pohon reundeu”, karena sebelumnya di kampung ini banyak sekali populasi pohon reundeu. Dikutip dari cimahikota.go.id, Kampung Adat Cireundeu terletak di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. Terdiri dari 50 kepala keluarga atau 800 jiwa, yang sebagia besar bermata pencaharian bertani ketela.

Ketika berkunjung ke destinasi wisata satu ini, Anda juga dapat berkesempatan untuk mencicipi kuliner lokal, yaitu rasi yang terbuat dari beras dan singkong yang dilengkapi juga dengan lauk pauk khas Sunda.

4. Kampung Buyut Cipageran (Kabuci) Asih Putera

Kampung Buyut Cipageran (Kabuci) Asih Putera merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di daerah Cimahi, Jawa Barat. Destinasi wisata ini sempat viral beberapa waktu lalu karena keindahan alamnya.

Di sini, Anda bisa menikmati teduhnya alam yang asri sembari mempelajari budaya Sunda. Selain itu, Anda juga bisa bermalam di tempat ini karena menyediakan fasilitas berkemah atau camping.

Tertarik mengunjungi salah satu destinasi di kota Cimahi untuk mengisi libur panjang pekan depan, Sahabat Cantika?

Pilihan Editor: Jalan-jalan ke Bandung, Berikut Rekomendasi 8 Tempat Belanja yang Murah

RINDI ARISKA | ALAM WISATA CIMAHI | CIMAHIKOTA.GO.ID

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."