7 Negara Maju Ini Terapkan Budaya 4 Hari Kerja dalam Seminggu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai masa pandemi Covid-19, banyak perkantoran telah dibuka sepenuhnya dan perusahaan meminta karyawannya untuk kembali bekerja dari kantor. Namun, mengingat fleksibilitas bekerja dari rumah dan keseimbangan kehidupan kerja yang dialami banyak karyawan selama pandemi, kini banyak kantor yang menerapkan budaya 4 hari kerja dalam seminggu.

Baru-baru ini, Jerman mengumumkan mencoba budaya 4 hari kerja dalam seminggu selama enam bulan, mulai 1 Februari 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah budaya 4 hari kerja dalam seminggu benar-benar akan berhasil. Karyawan lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif seperti yang disarankan oleh serikat pekerja.

Sementara itu, Jerman bukan satu-satunya negara yang memilih budaya 4 hari kerja dalam seminggu. Berikut beberapa negara maju yang juga telah mengadopsi hal ini.

1. Belgia

Pada tahun 2022, Belgia menjadi negara pertama di Uni Eropa (UE) yang menjadikan budaya kerja 4 hari dalam seminggu sebagai opsional. Namun yang menarik di sini adalah total jam kerja tetap sama dalam 4 hari kerja seminggu dengan 5 hari kerja seminggu. Total jam kerja per minggu adalah 40.

2. Belanda

Menurut data pemerintah, Belanda memiliki rata-rata minggu kerja terpendek di dunia. Orang-orang di sana hanya bekerja selama 29 jam seminggu. Sesuai laporan, meskipun Belanda tidak memiliki peraturan resmi, orang-orang di sana hanya bekerja 4 hari seminggu.

3. Denmark

Denmark memiliki jam kerja terpendek kedua per minggu yaitu 33 jam, menurut laporan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Meskipun Denmark juga tidak memiliki mandat resmi 4 hari kerja dalam seminggu, orang-orang di sana umumnya hanya bekerja empat hari per minggu.

“Meskipun orang Denmark adalah pekerja keras, mereka lebih memilih melakukan pekerjaan mereka dalam waktu kerja resmi 37 jam dalam seminggu di Denmark. Tidak disarankan untuk menambah jam kerja, dan sebagian besar karyawan berangkat sekitar jam 4 sore untuk menjemput anak-anak mereka dan mulai menyiapkan makan malam,” demikian bunyi sebuah pernyataan.

4. Australia

Sebanyak 20 perusahaan di Australia uji coha mempraktikkan 4 hari kerja dalam seminggu. Oleh karena itu, pemberi kerja di Australia dapat mengharapkan karyawannya bekerja selama 38 jam per minggu.

“Bentuk kerja baru, yang dikenal sebagai model 100:80:100, memungkinkan karyawan mempertahankan 100 persen gajinya sambil bekerja 80 persen jam kerjanya — selama mereka mempertahankan 100 persen produktivitasnya... Dan 100: 80:100 bukan satu-satunya model. Organisasi lain memperbolehkan stafnya bekerja dalam minggu yang lebih pendek demi pemotongan gaji, atau menawarkan standar 40 jam seminggu yang diringkas menjadi empat hari," demikian bunyi laporan News.com.au.

5. Jepang

Bertentangan dengan budaya kerja Jepang yang ketat, dalam kebijakan ekonomi tahunan yang dirilis pada tahun 2021, pemerintah mendorong perusahaan untuk memilih jam kerja 4 hari seminggu di negara tersebut. Idenya adalah untuk mencegah 'karoshi' yang diterjemahkan menjadi “kematian karena terlalu banyak bekerja”.

Tujuannya juga untuk membiarkan orang menghabiskan waktu di luar pekerjaan. Hal ini akan membantu meningkatkan perekonomian karena masyarakat akan mengeluarkan lebih banyak uang, dan memiliki kehidupan berkeluarga yang akan berkontribusi pada lebih banyak kelahiran anak di negara ini, yang sangat dibutuhkan oleh populasi lanjut usia.

6. Spanyol

Sesuai laporan, pemerintah Spanyol berencana untuk menginvestasikan 50 juta Euro untuk uji coba 4 hari kerja dalam seminggu yang akan berlangsung selama tiga tahun. Sekitar 200 perusahaan di Spanyol diperkirakan akan berpartisipasi di dalamnya.

7. Inggris

Pada tahun 2022, Inggris menerapkan 4 hari kerja dalam seminggu. Sebanyak 61 perusahaan dan lebih dari 300 karyawan berpartisipasi dalam uji coba ini, dan orang-orang diharapkan bekerja maksimal 48 jam per minggu sesuai undang-undang mereka. Ini adalah uji coba terbesar yang pernah ada dengan partisipasi 61 perusahaan, dan diketahui bahwa terdapat penurunan signifikan sebesar 65 persen pada cuti sakit, menurut laporan Bloomberg.

Dan, masih menurut Bloomberg, di Portugal, tingkat kecemasan dan masalah tidur berkurang sekitar 20 persen ketika 4 hari kerja seminggu diterapkan. Hal ini juga berdampak positif terhadap produktivitas karyawan di tempat kerja dan perekonomian secara keseluruhan.

Pilihan Editor: 7 Negara yang Penduduknya Paling Gila Kerja di Dunia, Korea Selatan Nomor 3

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."