5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengadakan Pesta Ulang Tahun Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pesta ulang tahun anak. huffpost.com

Ilustrasi pesta ulang tahun anak. huffpost.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sama seperti acara lainnya, mengadakan pesta ulang tahun anak membutuhkan sederet persiapan. Misal, jumlah teman sekolah anak yang diundang, goodie bag, hingga ketentuan soal boleh atau tidak membawa saudara. Dalam menyiapkan detail tersebut, Anda juga perlu memperhatikan anggaran, luas hunian hingga keamanan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan menurut Myka Meier, pendiri Beaumont Etiquette.

1. Boleh Memangkas Daftar Undangan 

Jika hunian luas dan kondisi keuangan mumpuni, Anda bisa mengundang semua teman sekolah anak dan mengadakan acara di taman bermain atau di sekolah. Tapi lain ceritanya jika dana terbatas dan hunian sempit, Anda bisa pertimbangkan kemungkinan mengundang teman-teman terdekat anak.

Namun Meier mengingatkan dari segi jumlah, sebaiknya tidak lebih dari separuh.

“Misal satu kelas terdiri dari sekitar 20 anak, tidak masalah jika Anda mengedit daftarnya. Yang tidak oke adalah jika ada 20 anak di kelas dan Anda mengundang 15 orang di antaranya. Dengan kata lain, Anda menyertakan mayoritas, tetapi hanya menyisakan sedikit," tuturnya dikutip dari Purewow, 1 Februari 2024.

Pendekatan yang tepat  adalah dengan mengundang beberapa anak dari sekolah, beberapa dari tempat les, hingga beberapa teman keluarga agar ada keseimbangan. Dan apa pun yang terjadi, jangan membagikan undangan di sekolah.

“Kirimkan undangan ke orang tua saja,” kata Meier.

2. Bersikaplah Jujur Tentang Kebijakan Boleh atau Tidak Membawa Saudara 

Idealnya, hal ini dikomunikasikan ketika Anda mengirimkan undangan. Saudara atau saudari dipersilakan…atau tidak.

“Anda dapat melakukan ini sejak awal hanya dengan menyatakannya dalam undangan,” kata Meier, mungkin dengan kalimat seperti, “Karena besarnya ruangan, kami tidak dapat menyertakan saudara kandung pada perayaan ini. Terima kasih atas pengertian!"

Di sisi lain, jika anak Anda adalah tamunya, jangan pernah berasumsi bahwa anak Anda yang lain juga diundang, kecuali dinyatakan dengan jelas bahwa saudara kandung boleh datang. Mengingat sering kali ada batasan jumlah yang ditentukan atau membayar sewa tempat untuk setiap anak.

3. Selalu Tanyakan Tentang Pantangan atau Alergi

Makanan ringan, pizza, kue, itulah rutinitas ulang tahun. Tapi perlu diingat ada kemungkinan anak alergi atau pantang memakan sesuatu. Sebagai tuan rumah, ada baiknya menanyakan langsung kepada orang tua mereka untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Sebaliknya, jika anak Anda memiliki alergi, Anda bisa dengan murah hati menawarkan untuk mengiriminya makanan atau kue mangkuknya sendiri. Dengan begitu, tuan rumah tidak perlu memikirkan pengaturan alternatif.

4. Bijak dalam Menyiapkan Goodie Bag

Jika Anda ingin membagikan goodie bag, silakan!

“Bila Anda memutuskan untuk menyediakan goodie bag, prioritaskan agar tas tersebut tetap murah dan menyenangkan,” kata Meier.

“Bayangkan buku mewarnai, atau peralatan kerajinan DIY. Ini soal fungsi, bukan soal harganya,” tambahnya.

Namun jika Anda ingin melewatkan goodie bag, tidak apa-apa. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih aktivitas yang menghasilkan sesuatu untuk dibawa pulang, misalnya kerajinan tangan yang keren atau kaos yang serasi. Atau ide “photo booth” dengan kamera Instax sehingga setiap tamu dapat berfoto bersama anak yang berulang tahun.

5. Dapatkan Kontak Pengantar

Bila pesta hanya bisa dihadiri anak-anak tanpa orang tua, beri tahu sejak awal saat mengundang. Dan, jangan lupa untuk memiliki info kontak orang dewasa yang dapat dihubungi untuk setiap anak.

“Penting juga untuk menyatakan dengan jelas durasi pesta sehingga orang tua dapat merencanakan hari mereka dan menjemput anak-anak mereka tepat waktu,” kata Meier.

Untuk itu, jika anak Anda yang menghadiri pesta tersebut, jangan sampai terlambat menjemputnya. Lagi pula, tidak ada seorang pun yang ingin membuat keluarga yang berulang tahun menunggu lebih lama daripada yang harus mereka lakukan.

Pilihan Editor: Cara Nia Ramadhani Hibur Anak saat Ultah di Masa Pandemi

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."