7 Tips Menghindari Gosip di Kantor

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bergosip. shutterstock.com

Ilustrasi bergosip. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda merasa kewalahan atau energi terkuras saat mendengar gosip di kantor? Bisa jadi itu sinyal baik untuk Anda menghindari gosip di kantor. Sebab gosip di kantor bisa memicu budaya kerja yang tidak sehat dan lingkungan kerja yang kurang mendukung.

Meskipun menghindari gosip mungkin sulit, mengembangkan sikap profesional tetap penting. Berikut beberapa tips menghindari gosip di kantor.

1. Ciptakan Lingkungan Kerja Positif

Cobalah untuk menciptakan budaya kerja yang lebih positif dan progresif. Memimpin dengan memberi contoh akan membantu rekan kerja mengikuti Anda. Tunjukkan etos kerja, integritas, dan profesionalisme, itu cukup membantu untuk menghindar dari gosip di kantor.

2. Jangan menjadi bagian dari situasi yang memicu gosip

Batasi partisipasi Anda dalam situasi yang memicu gosip. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk ngobrol dengan rekan kerja saat istirahat makan siang. Cobalah bersikap profesional dan hindari gosip di waktu luang tentang supervisor dan manajer.

3. Hormati batasan

Beri tahu kolega Anda bahwa Anda percaya pada etika kerja, integritas, dan profesionalisme. Menetapkan batasan di tempat kerja penting untuk menghindari gosip di kantor. Hal ini menciptakan budaya kerja yang mendukung.

4. Mengalihkan topik percakapan menjadi lebih positif

Jangan mencoba ikut serta dalam gosip ketika rekan kerja mencoba mengetahui masukan Anda tentang masalah apa pun. Sebaliknya, cobalah mengalihkan pembicaraan ke topik yang lebih berhubungan dengan pekerjaan ketika gosip dimulai.

5. Jadilah lebih profesional

Jaga agar percakapan lebih profesional di tempat kerja. Jangan mencoba untuk membesar-besarkan kehidupan pribadi Anda atau mengomentari gosip apa pun yang sedang terjadi.

6. Lebih fokus pada daftar tugas daripada drama

Lebih berkonsentrasi pada pekerjaan dapat menyelamatkan Anda dari drama di tempat kerja. Jika Anda kebetulan mendengar gosip, cobalah menghindarinya dengan menunjukkan sedikit ketertarikan dan tidak berpartisipasi di dalamnya. Sebaliknya, ungkapkan prioritas pekerjaan Anda.

7. Cobalah menghindari penggosip

Cobalah menghindari penggosip. Mengubah topik pembicaraan dengan sopan, atau sekadar mendengarkan dia dan tidak memberikan masukan apa pun dapat membantu Anda menghindari gosip di kantor juga politik kantor.

Pilihan Editor: 8 Tanda Rekan Kerja Menyebalkan, Suka Bergosip hingga Komunikasi Buruk

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."