Mengenal Jenis Waxing Beserta Manfaatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi perempuan menghilangkan bulu di tubuh atau waxing. shutterstock.com

Ilustrasi perempuan menghilangkan bulu di tubuh atau waxing. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki terlalu banyak bulu di bagian tubuh tertentu bisa membuatmu merasa kurang nyaman atau lebih percaya diri. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan metode waxing untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan. Ada beragam jenis waxing, atau menghilangkan bulu badan yang populer di kalangan masyarakat. Waxing dengan lilin, telah menjadi perawatan kecantikan yang populer di kalangan wanita dan pria dalam membantu menghilangkan bulu pada ketiak, alis, janggut, bahkan bulu kaki.

Untuk para kaum hawa, alasan utama melakukan waxing adalah karena bulu tipis tidak akan tumbuh kembali dalam waktu yang lama dibandingkan dengan mencukur. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa varian waxing? Ragam manfaat waxing pun berbeda-beda pada setiap jenisnya? Yuk pelajari berbagai jenis waxing dan manfaatnya melalui penjelasan di bawah ini!

Jenis Waxing

Ada berbagai jenis waxing yang berbeda tergantung bahan yang dipakai, bentuk cairan, dan gaya pencabutan bulunya. Umumnya memakai lilin, gula, madu atau buah. Berikut beberapa jenis waxing yang paling populer.

1. Soft Wax

Soft wax  adalah salah satu jenis yang paling umum digunakan. Jenis ini terbuat dari paraffin atau lelehan lilin dan beeswax. 

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan lelehan lilin yang telah dipanaskan pada bagian tubuh yang berbulu. Kemudian, tutupi lilin dengan kain kasa dan diamkan beberapa saat. Setelah itu kain akan diangkat bersama dengan bulu di bawahnya. Soft wax cocok untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada area tubuh seperti kaki, punggung, dan lengan. Namun, jika Kamu ingin melakukan perawatan ini tentu harus bersiap menanggung rasa sakit ketika proses pencabutan bulu.

2. Hard Wax

Hard wax merupakan salah satu metode dimana lilin dibiarkan mengering, lalu dilakukan pencabutan lilin bersamaan dengan tercabutnya bulu dari kulit. Jenis ini tidak memakai kertas pada proses waxingnya. Wax berkualitas baik tidak akan tersisa pada kulit dan hanya menempel pada bulu. Hard wax cocok dipakai pada area sensitif, seperti area kelamin, ketiak, wajah. Perawatan teknik hard wax dinilai jauh lebih aman dibandingkan soft wax karena tidak membahayakan untuk kulit, sedangkan soft wax dapat menarik kulit dan menimbulkan gatal. Jenis ini untuk kulit normal serta tidak disarankan untuk orang dengan kulit sensitif.

3. Sugar Wax

Apakah kamu mempunyai kulit sensitif dan berminyak? Sugar wax dapat menjadi solusi yang efektif bagi jenis kulit ini. Wax ini memiliki bahan yang sederhana, terdiri dari gula, lemon, madu dan air. Kemudian semua bahan tersebut dipanaskan hingga menghasilkan tekstur kental. Keunggulan sugar wax dibanding jenis lain adalah pembuatannya yang mudah disiapkan dan aman bagi semua jenis kulit karena bahan yang digunakan bersifat alami.

4. Fruit Wax

Fruit wax merupakan metode waxing yang menggunakan ekstrak buah-buahan. Tidak sembarang buah bisa dipakai untuk wax ini, hanya buah yang kandungan antioksidannya tinggi yang bisa dipakai, seperti blueberry, stroberi, anggur, ceri, elderberry, dan lainnya.

Secara umum, harga wax jenis ini cukup mahal, namun fruit wax jauh lebih lembut dan tidak menarik kulit. Fruit wax ditujukan bagi yang memiliki kulit sensitif karena waxing ini tidak menimbulkan ruam, flek, atau benjolan pada kulit. Namun, harus dipastikan kamu tidak mempunyai alergi terhadap buah dan bahan lain.

5. Chocolate Wax

Meskipun coklat tinggi kalori sehingga bisa menyebabkan penambahan berat badan, coklat memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Salah satu manfaatnya adalah memperlambat proses penuaan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Chocolate wax merupakan jenis wax lembut yang meminimalisir timbulnya rasa sakit. Wax ini selain menghilangkan bulu, tetapi juga dapat melembabkan, menutrisi, dan membuat kulit tampak lebih bersinar.

Wax ini sangat cocok bagi kulit sensitif karena tidak memerlukan pemanasan dengan suhu tinggi, sebab coklat sangat mudah untuk meleleh.

Manfaat Waxing

Waxing dianggap sebagai metode pencabutan bulu yang praktis, nyaman, dan efektif dibandingkan dengan mencukur. Berikut beberapa manfaat waxing dibandingkan dengan mencukur.

1. Dapat menghilangkan bulu badan dengan cepat

2. Menunda pertumbuhan bulu

3. Membantu mengangkat sel kulit mati

4. Mencegah tumbuhnya bulu yang tebal

5. Mengurangi bau badan

Perawatan waxing harus dilakukan dengan hati-hati, terutama pada kehamilan atau keadaan lain yang berisiko. Berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan cara lain dalam menghilangkan bulu badan, yang sesuai dengan keadaan kondisi tubuh kamu.

Pilihan Editor: Mau Waxing? Ketahui 7 Efek Samping dan Cara Atasinya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

MAGDALENA NATASYA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."