Ada 110 Event dan 5 Zona Interaktif di Karisma Event Nusantara 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Acara peluncuran Karisma Event Nusantara 2024 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Sabtu, 27 Januari 2024 (Dok. Kemenparekraf)

Acara peluncuran Karisma Event Nusantara 2024 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Sabtu, 27 Januari 2024 (Dok. Kemenparekraf)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKarisma Event Nusantara 2024 resmi diluncurkan pada Sabtu, 27 Januari 2024 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Tahun ini, Karisma Event Nusantara atau KEN merangkum 110 event (acara) dari provinsi-provinsi di Indonesia dalam tema Budaya Indonesia Panggung Dunia. Acara tersebut diharapkan semakin menarik wisatawan Nusantara dan mancanegara. 

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, di antara banyak event, subsektor kuliner dihadirkan dalam rangkaian perhelatan tahun ini. 

"Jadi, dalam event ini harus memiliki zona kulinernya. Memperkenalkan kuliner-kuliner terbaik daerah kepada seluruh wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus)," ujar Sandiaga Uno di acara peluncuran. 

Kuliner perlu dibuat zona khusus dalam KEN karena sektor ini menjadi daya tarik utama pariwisata di Nusantara. Bahkan, kata Sandiaga, sebesar 63 persen pergerakan wisata ditopang wisata kuliner.

"Jadi seperti kita tampilkan ada beberapa zona, dan zona kuliner ini tertinggi minatnya karena berdasarkan data 63 persen pergerakan wisata itu ditopang wisata kuliner," ujarnya.

Ada 5 Zona Interaktif di KEN 2024

KEN terdiri dari lima zona interaktif yaitu Zona Budaya, Zona Seni, Zona Musik, Zona Karnaval, dan Zona Kuliner. Kelima zona yang merupakan hasil kolaborasi dengan daerah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berkesan kepada para pengunjung sekaligus mempromosikan event-event KEN yang akan datang.

Tahun lalu, KEN mendatangkan 7,36 juta pengunjung (lokal, domestik, maupun asing) dengan nilai perputaran uang atau pergerakan ekonomi mencapai Rp12,38 triliun.

“Targetnya tahun ini terdapat peningkatan pergerakan ekonomi hingga bisa mencapai 20-25 persen dari tahun lalu. Dan harapannya juga ikut menopang 1,2 miliar sampai 1,5 miliar pergerakan wisnus di 2024,” kata Sandi.

Lebih lanjut Sandiaga Uno mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini acara di Karisma Event Nusantara 2024 terselenggara secara merata sepanjang tahun sehingga tidak menumpuk di akhir tahun.

KEN merupakan program strategis Kemenparekraf dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan Nusantara agar berwisata di Indonesia.

Karisma Event Nusantara pertama kali diselenggarakan pada 2021 sebagai penyempurnaan program Calendar of Event (COE) yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Kemenparekraf. Pada edisi pertamanya, KEN mewadahi 83 event terpilih dari 34 provinsi.

Pilihan Editor: Bali, Bandung dan Yogyakarta masih Jadi Tujuan Favorit Wisatawan Habiskan Libur Natal dan Tahun Baru

ANTARA | KEMENPAREKRAF

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."