Sekilas Perjalanan Karier IU yang Dirintis sejak 2008

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
IU dan V BTS dalam poster lagu Love Win All yang dirilis pada Rabu, 24 Januari 2024. Foto: Instagram/@edam.official

IU dan V BTS dalam poster lagu Love Win All yang dirilis pada Rabu, 24 Januari 2024. Foto: Instagram/@edam.official

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama aktris dan penyanyi, IU masuk menjadi trending topic di mesin pencarian. Musababnya, lagu terbaru yang dirilis pekan lalu, Love Wins All berada di posisi puncak tangga lagu Korea Selatan alias domestik.

Di awal pekan ini, Love Wins All berada di urutan teratas chart Melon Top 100. IU pun berhasil menempati urutan #1 di berbagai chart domestik termasuk Genie (chart harian dan realtime), YouTube, FLO, VIBE, hingga Bugs (chart harian dan realtime). Pencapaian tersebut membuat IU meraih sertifikasi Perfect All Kill (PAK) berkat lagu yang dirilis 24 Januari silam itu, dikutip dari iChart Instiz.

Love Wins All sudah mendapat 7 sertifikasi PAK hingga hari ini. Itu artinya  lagu tersebut bertahan ada di peringkat #1 di seluruh chart musik domestik selama 7 jam (baik berturut-turut atau tidak).

Ini bukan kali pertama IU menyabet sertifkasi PAK. Selama berkarier di musik, dia diketahui sudah mengantongi lebih dari sertifikasi 20 PAK.

Terlepas dari pencapaiannya berkat lagu Love Wins All hingga saat ini, berikut sekilas perjalanan karier IU yang ingin mengenalnya lebih dekat.

Penyanyi dan aktris Korea Selatan, IU. Foto: Instagram/@dlwlrma

Karier Musik IU

Memiliki nama asli Lee Ji Eun, IU berada dalam naungan agensi LOEN Entertainment. Nama panggungnya, IU, berasal dari kata "Aku dan Kamu" yang berarti menjadi satu, kamu dan aku, dengan musik.

IU merilis mini album pertamanya berjudul Lost and Found pada 24 September 2008 silam. Debutnya dilakukan di "M Countdown" Mnet pada 18 September dengan lagu Miya. Penyanyi satu ini memberikan penampilan TV-nya di MBC "Music Core" pada 20 September 2008.

Pada 23 April 2009, IU merilis album pertamanya Growing Up. Seiring perkembangannya di dunia musik, akhirnya pada 12 November 2009, IU merilis mini album keduanya berjudul IU...IM dengan lagu beejudul Marshmallow yang saat itu menjadi populer. Tidak lama kemudian, IU merilis single digital ketiganya yang berjudul Jansori pada 3 Juni 2010.

IU menerima penghargaan favorit sekaligus teratas di acara musik SBS Ingi Gayo dan acara KBS Music Bank. Karirnya semakin melejit hingga pada 9 Desember 2010, IU merilis mini album ketiganya berjudul Real. Lagu Jongeun Nal atau Good Day menduduki puncak tangga lagu Korea dan diputar secara luas di seluruh Korea Selatan. Lagu ini menduduki peringkat teratas di acara musik SBS Ingi Gayo, acara musik KBS Music Bank, acara musik Mnet M Countdown, dan chart musik Korea pada saat itu. 

Lalu, single IU yang bertajuk REAL rilis pada 9 Februari 2011 dengan lagu Naman Molratdeon Iyagi atau dalam bahasa Indonesia berarti Kisah yang Saya Tidak Tahu. Single ini menduduki puncak tangga lagu harian dalam satu hari.

Atas reputasinya, IU mendapat julukan Dewi Musik. Terlebih eia juga terlibat dalam komposisi, penulisan lirik, dan produksi albumnya. Hingga hari ini, IU tetap menjadi salah satu penyanyi solo wanita terlaris di layanan streaming musik. Ia juga merupakan salah satu selebriti paling berpengaruh di dunia hiburan Korea Selatan.

Penyanyi dan aktris Korea Selatan, IU. Foto: Instagram/@dlwlrma

Karier Akting IU

Dilansir dari laman resmi EDAM Entertainment, selain di musik, IU juga merambah menjadi pembawa acara radio dan televisi, serta akting. IU memulai debutnya sebagai aktris dengan memainkan peran pendukung dalam serial drama Korea remaja berjudul Dream High.

Namanya semakin tenar kala melakoni peran sebagai Hae So dalam serial Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Dalam drama berlatar kerajaan Goryeo ini, IU beradu akting dengan Lee Joon Gi. Aktris yang kerap didapuk memerankan karakter dalam drama sageuk ini bakal melakoni peran sebagai Eunseom dan Sa Ya dalam Artdhal Chronicles season 2. IU juga pernah beradu akting dengan mending Lee Sun Kyun di drama My Mister.

Pilihan Editor: Rayakan 14 Tahun Debut, IU Donasi Rp2,16 Miliar untuk Pengobatan Kanker Wanita dan Anak-anak

MUTIARA ROUDHATUL JANNAH | BERBAGAI SUMBER

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."