Gaya OOTD Mutiara Baswedan dari Brand Lokal, Outer Tenun Tidore hingga Topi Ecoprint

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Mutiara Baswedan unggah foto OOTD mengenakan sejumlah produk dari pengrajin lokal/Foto: Instagram/Mutiara Baswedan

Mutiara Baswedan unggah foto OOTD mengenakan sejumlah produk dari pengrajin lokal/Foto: Instagram/Mutiara Baswedan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mutiara Annisa Baswedan atau akrab disapa Mutiara Baswedan belakangan ini tengah menggandrungi brand lokal dari Indonesia. Terlihat dari pantauan di laman Instagramnya beberapa kali ia mengunggah foto dan video yang mengisyaratkan kekaguman wastra Nusantara. 

Terbaru, perempuan kelahiran 1997 ini mengunggah gaya foto dengan outfit od the day atau OOTD. "OOTD penuh makna," tulis Tia, sapaan akrabnya. 

Pertama, ia mengenakan bucket hat dari ecoprint buatan brand lokal Serba Usaha Ternate. Pengrajin ini memberdayakan teman-teman disabilitas di lingkungannya. Usaha ecoprint oleh Nurjannah memberikan ruang untuk berkarya dan juga untuk mendapat pemasukan bagi masyarakat sekitarnya. 

Kemudian, untuk atasannya, Tia mengenakan outer tenun Tidore yang sudah lebih dari 100 tahun hilang yang dihidupkan kembali oleh generasi muda Tidore  Puta Dino Kayangan. Mereka memberdayakan pemuda Tidore untuk belajar cara membuat tenun tidore. Siapapun boleh datang untuk belajar, dan kalau sudah jago, bisa ikut bekerja membuat tenun tidore.

"Tenun tidore tidak hanya hidup kembali, tapi juga mendunia. @putadinokayangan sudah beberapa kali pameran di luar negeri. Bangga banget, yuk mampir ke instagram-nya lihat-lihat hasil karya pemuda Tidore yang menjaga budaya, mendunia dan memberdayakan sekitar," ajak putri sulung Anies Baswedan ini. 

Untuk aksesori, alumnus Universitas Indonesia ini mengenakan gelang karya Sasmita, seorang pejuang cerebral palsy. Membuat satu gelang membutuhkan waktu 1 minggu. "Semangat Mita yang penuh dedikasi untuk tetap berkarya menjadi inspirasi untuk kita semua. Senang sekali mendapat gelang dari Mita. Semoga Mita bisa terus semangat berkarya dan menginspirasi," harap Tia. 

Sebagai pelengkap outfit, Tia membawa tas rotan karya perajin lokal yang ia pinjam dari  koleksi sang ibu Fery Farhati. Sementara untuk bawahan, ia memadukannya dengan rok batik warna hitam corak putih dari brand lokal Pisalin. 

Pilihan Editor: Menyoal Privilege, Mutiara Baswedan Akui Tak Dapat Keuntungan dari Jabatan Sang Ayah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."