Tips Jaga Massa Otot di Usia 35 Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita paruh baya olahraga. Freepik.com/Stockking

Ilustrasi wanita paruh baya olahraga. Freepik.com/Stockking

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Health & Nutrition Specialist of Nutrifood Research Center Lina Antono mengatakan orang yang sudah berusia 35 tahun tahun tetap dapat menjaga massa dan kekuatan otot. "Sudah berusia lebih 35 tahun bukan berarti sudah terlambat untuk menghambat penurunan massa otot," kata dia melalui diskusi yang digelar daring, Kamis 25 Januari 2024.

Upaya yang bisa dilakukan yakni menjaga asupan protein yang cukup sebagai bagian dari pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Lina mengatakan asupan protein yang cukup penting guna menjaga massa otot karena protein merupakan komponen utama penyusun otot, sedangkan rutin beraktivitas fisik penting untuk melatih otot agar massa dan kekuatan otot dapat dijaga.

Khusus untuk protein, apabila seseorang bertujuan untuk membentuk otot yang besar, maka dia membutuhkan kombinasi nutrisi yang lebih khusus dan rutinitas olahraga yang intensif.

Aktivitas fisik pun sangat disarankan Lina. Ada beberapa latihan fisik yang bisa membantu menjaga kekuatan otot, seperti jenis latihan resistensi atau latihan otot misalnya latihan beban, squat, sit-up, dan push-up.

Sebenarnya tidak masalah bila aktivitas fisik atau olahraga dilakukan di malam hari. Walau begitu, ia menyarankan agar masyarakat memastikan agar aktivitas fisik yang dilakukan tidak sampai mengganggu waktu tidur karena istirahat yang cukup juga penting.

Dia menambahkan, massa otot yang cukup dapat mendukung efektivitas program diet karena otot lebih efektif dalam membakar energi di dalam tubuh. "Mereka yang memiliki massa otot yang lebih tinggi umumnya memiliki laju metabolisme yang lebih baik sehingga dapat mendukung efektivitas program diet," kata dia.

Massa otot yang cukup juga penting agar tubuh terlihat lebih kencang dan ramping. "Tapi tetap perlu diingat untuk membatasi asupan kalori harian secara sehat dan rutin berolahraga agar diet bisa berhasil ya," katanya.

Pilihan Editor: Pentingnya Peran Massa Otot dalam Proses Penurunan Berat Badan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."