Sempat Insecure Karena Psoriasis, Olivia Lazuardy Hanya Pakai Pelembab dan Sunscreen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Fashion enthusiast, Olivia Lazuardy saat ditemui di peluncuran perdana Cerave di Jakarta, Jumat, 26 Januari 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Fashion enthusiast, Olivia Lazuardy saat ditemui di peluncuran perdana Cerave di Jakarta, Jumat, 26 Januari 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaFashion enthusiast dan konten kreator, Olivia Lazuardy mengatakan jika ia memiliki kondisi kulit berbeda dari kebanyakan. Sejak remaja, ia mengalami masalah kulit psoriasis, yang membuat kondisi kulitnya memerah bahkan terkadang bisa berdarah. Oleh sebab itu ia mengaku tidak mudah menemukan perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulitnya. 

"Jadi kondisi kulit aku suka banyak merah-merah yang bikin perih, bikin kulit menebal. Aku jadi enggak bisa salah pilih produk karena sangat berpengaruh dengan kulit sensitif aku, khususnya psioriasis. Di kulit aku yang merah banget kadang sampai bleeding," ucap Olivia usai ditemui di acara peluncuran Cerave di Jakarta, Jumat, 26 Januari 2024. 

Olivia Lazuardy mengaku sudah berdamai dengan kondisi kulitnya, walau tak diumungkiri ia juga pernah merasa insecure dan di titik rasa tidak nyaman yang berdampak bagi mental health dan karier-nya.  "Ada perasaan kalau orang jijik enggak ya liat kondisi kulit aku," imbuh Olivia. 

Olivia pun mencoba beberapa jenis perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulitnya dan berdasarkan saran dari dermatologist. Sebelumnya ia pernah tergoda mencoba beberapa langkah perawatan kulit yang ternyata tidak cocok untuk kulitnya. 

"So akhirnya aku hanya pakai pelembab dan sunscreen untuk siang hari. Kalau malamnya benar-benar yang cuma moisturizer. Soalnya aku pernah suka mandi air panas ternyata berpengaruh sama skin barrier aku, setelah itu ya hanya pakai dua produk saja," ucap Olivia yang juga tidak bisa menambahkan active ingredients pada skincare-nya lagi. 

Sebagai informasi, psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas dan terasa gatal. Psoriasis biasanya muncul di kulit bagian lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Penyebab psoriasis masih belum diketahui secara pasti, tapi diduga penyebab psoriasis adalah akibat dari gangguan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, stres, infeksi tenggorokan dan cuaca dingin juga bisa memicu psoriasis.

Pilihan Editor: Pentingnya Memakai Sunscreen bagi Pengidap Psoriasis, Cegah Sunburn dan Kelainan Kulit

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."