Ketika Pasangan Tidak Bahagia, Lakukan 5 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila ada momen pasangan tidak bahagia, itu adalah hal wajar. Sebenarnya Anda atau pasangan bisa alami ketidakbahagiaan dalam hubungan. Menurut konselor pasangan berlisensi dan terapis seks Jessa Zimmerman, sebenarnya sangat normal untuk tidak bahagia dalam suatu hubungan dari waktu ke waktu.

“Kita tidak akan [bahagia] 100 persen sepanjang waktu dalam hidup kita,” jelasnya dikutip dari Mind Body Green.

Misalnya Anda mungkin mengerjakan pekerjaan impian Anda, tetapi itu tidak berarti tidak akan ada hari atau periode di mana pekerjaan itu membuat stres atau biasa-biasa saja.

Dalam hubungan asmara, ada siklus kenyamanan ketika hubungan terasa positif dan stabil. Sementara fase tidak bahagia adalah bagian dari siklus pertumbuhan, di mana Anda lebih memahami satu sama lain.

Dan jika pasangan tidak bahagia dalam hubungan, hal itu juga dapat memengaruhi kedamaian dan kebahagiaan batin Anda dalam jangka panjang. Perlu diketahui dari kurangnya waktu berkualitas, minim dukungan emosional, atau tidak merasa didengarkan termasuk beberapa alasan mengapa pasangan tidak bahagia dalam hubungan.

Jika hal ini tengah terjadi dalam hubungan Anda, berikut cara mengatasi pasangan tidak bahagia.

1. Melakukan pembicaraan yang terbuka dan jujur 

Komunikasi yang terbuka, jelas, dan jujur adalah kunci hubungan yang sehat. Ciptakan ruang yang aman untuk pasangan Anda dan dorong dia untuk mengungkapkan perasaannya tanpa menghakimi.

Bicaralah dengan tenang dan tidak konfrontatif dengan pasangan dan tanyakan tentang kebutuhan atau harapann dia yang belum terpenuhi (jika ada) dalam hubungan. Ini akan membantu Anda mengetahui akar penyebab ketidakbahagiaan pasangan dan menemukan solusi atas masalahnya.

2  Berempati dan pahami sudut pandang pasangan

Empati berperan penting dalam menavigasi ketidakbahagiaan pasangan. Cobalah untuk mendengarkan dia tanpa menghakimi dan menempatkan diri Anda pada posisi dia, mengakui emosi dan memvalidasi pengalamannya.

Hindari mengabaikan perasaan pasangan atau menawarkan solusi segera. Sebaliknya, fokuslah untuk memahami sudut pandang pasangan dan tunjukkan bahwa Anda ada untuk mendukung dia secara emosional, kapan pun dibutuhkan.

3. Ciptakan lingkungan yang positif dan mendukung dalam hubungan 

Suatu hubungan bukan hanya tentang Anda dan kebutuhan Anda, tetapi juga tentang pasangan Anda. Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang positif dan suportif bagi pasangan yang akan membuat dia merasa istimewa dan diperhatikan. Tindakan kecil berupa kebaikan, kasih sayang, dan penghargaan bisa sangat bermanfaat. Misalnya mengucapkan "terima kasih" kepada pasangan Anda saat dia membuatkan makanan untuk Anda dapat membuat dia tersenyum dan meningkatkan suasana hatinya. Menciptakan suasana positif membantu memperkuat ikatan Anda dengan pasangan.

4. Luangkan waktu untuk merenungkan tindakan dan perkataan Anda

Terkadang, di tengah hiruk pikuk kehidupan sehari-hari, kita sering kali melupakan atau tidak sengaja mengabaikan pasangan, baik secara emosional maupun fisik. Jadi luangkan waktu untuk melakukan refleksi diri, dan cari tahu tindakan atau kata-kata mana yang paling memengaruhi pasangan Anda.

Kesadaran diri Anda berkontribusi tidak hanya pada pertumbuhan pribadi, tetapi juga pada pemahaman yang lebih baik dengan pasangan dalam suatu hubungan.

5. Bersabarlah dan berikan waktu

Ada ungkapan yang tepat bahwa waktu menyembuhkan segalanya. Menghadapi ketidakbahagiaan pasangan merupakan proses yang membutuhkan kesabaran dan waktu. Perubahan suasana hati atau perilaku seseorang tidak akan terjadi dalam semalam, jadi Anda harus memberikan ruang untuk kemajuan bertahap. Bersikap suportif dan pengertian terhadap pasangan dapat membantu meningkatkan hubungan Anda dengannya secara bertahap.

Semoga beberapa cara mengatasi pasangan tidak bahagia di atas bisa membantu.

Pilihan Editor: 6 Tanda Pasangan Punya Idaman Lain, dari Ubah Penampilan hingga Lama Balas Pesan

TIMES OF INDIA | MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."