Mengulik Kelebihan Eksfoliasi Chemical, Atasi Berbagai Masalah Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi eksfoliasi wajah. Freepik.com/Lookstudio

Ilustrasi eksfoliasi wajah. Freepik.com/Lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika berbicara tentang prosedur perawatan kulit yang populer, pengelupasan kimiawi atau eksfoliasi chemical mungkin adalah salah satu prosedur yang paling sering disalahpahami, tetapi kenyataannya adalah bahwa hal itu sangat aman untuk dilakukan jika dilakukan oleh seorang profesional.

Menurut dokter kulit Azza Halim MD, chemical peeling adalah "formulasi berbagai bahan kimia yang dimaksudkan untuk membantu menghilangkan lapisan atas kulit agar kulit menjadi lebih sehat." Ada beberapa jenis pengelupasan kimiawi, dan masing-masing jenis dapat mengatasi berbagai masalah kulit. “Pengelupasan asam glikolat sangat bagus untuk pengelupasan kulit, karena dapat menembus jauh ke dalam kulit,” kata Dr. Halim. 

“Pengelupasan asam laktat berasal dari susu dan lembut untuk kulit sensitif, serta melembapkan untuk kulit kering. Kami juga memiliki pengelupasan asam salisilat, pengelupasan TCA, pengelupasan retinol, dan masih banyak lagi, dan masing-masing dapat digunakan sendiri atau digabungkan, tergantung pada kebutuhan kulit."

Manfaat Eksfoliasi Chemical

Pengelupasan kimia memiliki banyak manfaat. Biasanya membantu meminimalkan kulit kusam, pori-pori, munculnya garis-garis halus, bekas luka, dan hiperpigmentasi.

“Ini bagus untuk siapa saja yang menginginkan kulit lebih diremajakan, serta untuk mengatasi berbagai kondisi seperti jerawat dan bekas jerawat, hiperpigmentasi, bintik matahari, pori-pori, garis-garis halus, kulit menua, warna kulit tidak merata, tekstur, serta menyeimbangkan sekresi minyak,” kata Dr. Halim. “Saya selalu menyarankan kepada pasien saya untuk melakukan pengelupasan kulit di sela-sela perawatan laser untuk mempertahankan dan memperpanjang hasil laser mereka, serta untuk kesehatan kulit.”

Apakah Eksfoliasi Chemical

Terlepas dari apa yang mungkin Anda dengar (atau lihat di TV), pengelupasan kimiawi biasanya aman jika dilakukan oleh dokter kulit atau ahli kecantikan. Biasanya perawatan ini disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhannya, tetapi secara umum, Anda bisa melakukan pengelupasan kimiawi jika Anda mengalami berbagai masalah kulit.

Cara Mempersiapkan Eksfoliasi Chemical

Jika Anda telah membuat janji dengan dokter kulit atau ahli kecantikan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan penggunaan retinol, perawatan jerawat, dan obat topikal yang diresepkan setidaknya tujuh hari sebelum perawatan. “Jauhi produk yang mengiritasi karena Anda tidak ingin memperburuk kondisi kulit Anda,” kata dokter kulit Marnie Nussbaum, MD, sebelumnya kepada POPSUGAR.

Anda juga harus pergi ke janji temu dengan kulit bersih dan bebas riasan. “Kami tidak ingin sebum atau minyak menghalangi pengelupasan kulit menembus kulit,” kata Dr. Nussbaum.

Perawatan Eksfoliasi Chemical

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kulit Anda setelah melakukan pengelupasan kimiawi adalah memastikan Anda menjaganya tetap terhidrasi dan memakai tabir surya. “Anda tentu tidak ingin menyebabkan rasa terbakar atau hiperpigmentasi, jadi tabir surya itu penting,” kata Dr. Nussbaum. Anda juga harus menghindari produk yang keras dan abrasif yang dapat semakin mengiritasi kulit.

Pilihan Editor: Manfaat BHA untuk Perawatan Kulit Wajah, Efektif Atasi Jerawat dan Eksfoliasi

POP SUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."