Manfaat BHA untuk Perawatan Kulit Wajah, Efektif Atasi Jerawat dan Eksfoliasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi remaja membersihkan wajah. Freepik.com/Kamran Aydinov

Ilustrasi remaja membersihkan wajah. Freepik.com/Kamran Aydinov

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Exfoliant dengan formula beta hydroxy acid (BHA) dikenal sebagai perawatan kulit wajah yang baik untuk jenis kulit berjerawat dan berminyak. Dikutip dari situs Popsugar, Rabu, berbeda dengan asam alfa hidroksi (alias AHA), BHA merupakan eksfolian kulit yang memecah kotoran dan bakteri jauh di dalam pori-pori.

BHA biasanya dikemas dalam produk perawatan kulit untuk melawan jerawat, komedo, dan komedo sisa jerawat. “Asam beta hidroksi (BHA) adalah asam lain yang biasa digunakan dalam dermatologi dan kosmetik,” kata direktur pendiri Eternal Dermatology + Aesthetics Ife J. Rodney, MD.

Berbeda dengan AHA yang larut dalam air, BHA larut dalam minyak sehingga mampu menembus kelenjar minyak kulit untuk mengangkat kotoran dan sel mati dari dalam pori-pori.

Ada banyak bahan yang dianggap BHA, yang paling umum adalah asam salisilat  . Berasal dari kulit pohon willow , asam salisilat memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri serta membantu meningkatkan pergantian kulit untuk mengelupas sel kulit mati di permukaan kulit.

Asam salisilat membantu melawan jerawat aktif dan perubahan warna akibat jerawat yang sudah sembuh. Contoh asam beta hidroksi lain yang kurang dikenal adalah asam beta hidroksi butanoat, asam tropik, dan asam tretokanat.

Alasan BHA bagus untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat adalah karena ukuran molekulnya yang besar sehingga membantu pengelupasan lapisan permukaan kulit.

Seperti disebutkan di atas, BHA menargetkan daftar panjang masalah perawatan kulit seputar jerawat. Zat tersebut secara kimiawi mengelupas sel kulit mati sehingga menjadikan kulit lebih bersih dan mengurangi munculnya hiperpigmentasi, mengatasi penyumbatan kotoran pada pori-pori dengan sifat antibakterinya hingga mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

BHA juga membantu mengurangi peradangan pada jerawat aktif, dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Produk yang biasanya mengandung asam salisilat dapat ditemukan pada produk pembersih, serum, perawatan spot, dan masker wajah untuk kulit berminyak. Karena kandungannya dipadukan dengan baik dengan AHA dalam takaran yang tepat, maka kombinasi bahan tersebut akan meningkatkan manfaatnya dalam membersihkan kulit.

BHA dapat membuat kulit menjadi kering, jadi sebaiknya gunakan produk pembasmi jerawat dalam rutinitas perawatan kulit Anda kecuali diinstruksikan sebaliknya oleh dokter kulit.

Pilihan Editor: Mengulik Manfaat Vitamin C untuk Perawatan Kulit Wajah, Simak juga Rekomendasinya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."