5 Cara Menghadapi Mertua yang Menyebalkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mertua. Shutterstock.com

Ilustrasi mertua. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menghadapi mertua yang menyebalkan dapat menjadi aspek yang menantang dalam kehidupan pernikahan seseorang. Menyebalkan yang dimaksud bisa dari perbedaan kepribadian, benturan budaya, atau ekspektasi yang tidak terpenuhi. Tentunya, menemukan cara efektif untuk menghadapi mertua yang menyebalkan adalah hal yang penting untuk memiliki lingkungan keluarga yang sehat dan bahagia. Berikut lima di antaranya yang bisa dicoba.

1. Tetapkan Batasan

Menetapkan batasan yang jelas penting dalam mengelola hubungan, terutama dengan mertua yang menyebalkan. Komunikasikan ekspektasi dan batasan Anda, dan bersikaplah tegas dalam mempertahankan batasan tersebut. Baik itu tentang ruang pribadi Anda, atau pendapat tentang mengelola uang, rumah, atau anak-anak. Dengan menetapkan batasan dapat membantu mencegah kesalahpahaman dan konflik.

2. Komunikasi Terbuka

Komunikasi efektif adalah kunci dari hubungan yang sehat. Miliki komunikasi yang jelas, jujur, dan terbuka dengan mertua Anda dan dorong mereka untuk melakukan hal yang sama.

Atasi kekhawatiran Anda, ungkapkan perasaan Anda dengan jelas dan penuh hormat, dan pahami juga sudut pandang mereka. Pilihlah suasana yang tenang dan pribadi untuk mendiskusikan masalah apa pun, berlatihlah mendengarkan secara aktif, dan hindari menyalahkan atau mengkritik. Sebaliknya, berempati dan cobalah mencari jalan tengah saat melakukan percakapan sulit dengan mereka.

3. Meminta Dukungan Pasangan 

Beritahu pasangan tentang kekhawatiran Anda terhadap orang tuanya. Bagikan perasaan dan pengalaman Anda dengan pasangan dan cobalah bekerja sama untuk menemukan solusi atas masalah tersebut. Pasangan yang kuat dan suportif dapat membantu Anda berdua mengatasi masalah.

4. Pilih Pertempuran

Daripada bereaksi terhadap setiap komentar julid yang dilontarkan mertua, cobalah merespons dengan bijaksana. Pilih pertempuran Anda dengan bijak. Ingat, tidak setiap perselisihan perlu diubah menjadi argumen yang matang. Sebaliknya, fokuslah pada isu-isu yang benar-benar penting dan abaikan perbedaan-perbedaan kecil.

Hindari konfrontasi yang tidak perlu dan prioritaskan ketenangan pikiran dan keharmonisan dalam keluarga, meskipun itu berarti mengorbankan masalah tertentu.

5. Pahami Setiap Orang Berbeda 

Pahami pula bahwa mertua memiliki pandangan dunia, gaya hidup, dan pola asuh yang berbeda dengan Anda, sehingga perlu dihormati. Ingatlah, beda kepala, beda pula apa yang dipikirkan. Begitu pula dengan Anda dan mertua. Anda tidak bisa memaksanya untuk memiliki pemikiran dan cara pandang yang sama dengan Anda, begitu pula sebaliknya.

Berurusan dengan mertua yang menyebalkan sering kali berdampak buruk pada kesehatan fisik, emosional, dan mental. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bersabar menghadapinya.

Pilihan Editor: Tinggal bersama Mertua, Simak 3 Kiat Menjaga Kesehatan Mental Anda

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."