Produk Kecantikan Paling Laris Sepanjang 2023, dari Lip Cream hingga Serum

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi produk kecantikan. Foto: Freepik.com

Ilustrasi produk kecantikan. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Industri kecantikan di Indonesia terus berkembang sepanjang 2023. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83 persen. Dan baru-baru ini, e-commerce Tokopedia mencatat produk kecantikan dan perawatan tubuh sebagai salah satu kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat sepanjang 2023 (data Januari-September 2023 dibandingkan Januari-September 2022).

Tokopedia juga melihat animo masyarakat dalam berbelanja online produk kecantikan dan perawatan diri sepanjang 2023 menciptakan tren tersendiri.

“Beberapa produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2023 adalah bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream dan eyeliner," jelas Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli dalam siaran pers yang diterima Cantika, Kamis, 11 Januari 2024.

Sementara itu, beberapa produk perawatan diri yang laris manis di Tokopedia adalah pembersih wajah, serum wajah, krim wajah, parfum, dan tabir surya atau sunscreen.

Tren tersebut membuktikan masyarakat makin peduli dengan kesehatan kulit dan wajah setelah masa pandemi Covid-19. Hal ini juga tidak lepas dari kemunculan berbagai tren kecantikan yang digandrungi banyak masyarakat lewat media sosial sepanjang 2023, mulai dari tren clean girl makeup, glass skin, latte makeup, strawberry makeup, dan masih banyak lagi.

Tokopedia juga melihat berbagai daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023.

“Daerah Pesisir Selatan (Sumatera Barat), Bima (Nusa Tenggara Barat), Sampang (Jawa Timur), Rokan Hulu (Riau) dan Ambon (Maluku), merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat dibandingkan tahun 2022,” jelas Stefanie.

Inisiatif Tokopedia untuk Dukung Merek Kecantikan Lokal

Sepanjang 2023, Tokopedia pun konsisten menghadirkan deretan inisiatif dan kampanye dalam upaya mendukung pertumbuhan merek lokal kecantikan dan perawatan diri.

Melalui kampanye Tokopedia Beauty, Tokopedia terus berupaya untuk memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha di industri kecantikan dan perawatan diri, termasuk brand lokal. Ada banyak promo diskon, eksklusif produk, flash sale dan bebas ongkir dalam kampanye tersebut.

Tokopedia mencatat jumlah transaksi lewat kampanye Tokopedia Beauty jelang akhir tahun 2023, khususnya pada September 2023, mengalami kenaikan hampir 5 kali lipat jika dibandingkan awal tahun 2023 pada Januari 2023.

Sebagai perpanjangan dari Tokopedia Beauty, Tokopedia juga telah mengadakan Tokopedia Beauty Awards (TBA) di akhir 2023. Ajang penghargaan tahunan yang berlangsung sejak tahun 2020 ini adalah upaya Tokopedia untuk mengapresiasi produk-produk kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat Indonesia.

“Terkumpul ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia lewat Tokopedia untuk menentukan 32 nama pemenang berbagai kategori di Tokopedia Beauty Awards 2023,” ujar Stefanie.

Di penghujung 2023, Tokopedia bersama TikTok juga telah meluncurkan kampanye Beli Lokal bertepatan dengan momentum Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023 lalu. 

Kampanye Beli Lokal bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk lokal, termasuk produk kecantikan dan perawatan diri. Kampanye Beli Lokal dapat ditemukan baik di aplikasi Tokopedia maupun aplikasi TikTok, sehingga dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM lokal ke seluruh Indonesia.

“Kami pun melihat dampak positif pada penjualan brand lokal saat momen Harbolnas 12.12 tersebut. Sejumlah brand merek kecantikan dan perawatan diri di Tokopedia mengalami rata-rata kenaikan transaksi hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” jelas Stefanie.

Pilihan Editor: Pilih Produk Kecantikan dengan Bantuan Fitur Skin Test Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."