Mengenal Apa Itu Tretinoin, Manfaat, dan Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan krim wajah. Freepik.com/Senivpetro

Ilustrasi wanita menggunakan krim wajah. Freepik.com/Senivpetro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam kandungan dalam produk perawatan kulit atau skincare. Salah satunya adalah tretinoin yang bisa membantu produksi kolagen, mengatasi jerawat beserta bekasnya, hingga bantu atasi hiperpigmentasi. Jika Anda belum begitu mengenal tretinoin, berikut sederet faktanya. Yuk, kita telusuri bersama.

Apa itu Tretinoin?

Tretinoin adalah turunan vitamin A, berarti termasuk dalam kategori bahan retinoid, yang membantu mengatur protein kulit yang disebut keratin, menurut Ellen Murmur dokter kulit bersertifikat dan pendiri MMSkincare. Tretinoin dijual sebagai krim atau gel topikal resep untuk mengobati jerawat, hiperpigmentasi, dan banyak masalah kulit lainnya.

“Penelitian selama puluhan tahun menunjukkan bahwa tretinoin secara umum dianggap sebagai retinoid paling aman dan efektif untuk membantu meningkatkan efek kerusakan kolagen akibat sinar ultraviolet, degenerasi serat elastis, dan peradangan,” kata Whitney Tolpinrud, dokter kulit bersertifikat dan rekanan direktur medis Agency dikutip dari laman Popsugar, Selasa, 9 Januari 2024.

Tretinoin juga kandungan terbaik untuk merawat dan membantu mencegah garis-garis halus, kerutan, bintik hitam, dan jerawat.

Kandungan ini dijual dengan berbagai nama, seperti Retin-A, Tretin-X, Altreno, dan Altralin, dan dokter kulit Anda biasanya akan menentukan mana yang terbaik untuk jenis kulit Anda.

Manfaat Tretinoin

Sederhananya, tretinoin mempercepat pergantian sel untuk membersihkan sel-sel mati dan rusak dengan lebih cepat, menurut Dr. Tolpinrud.

“Dengan mempercepat proses pergantian kulit, Tretinoin mendorong sel-sel kulit baru dan segar serta memberikan dukungan yang dibutuhkan dengan menstimulasi produksi protein kolagen," jelasnya.

Seperti kita ketahui bersama, molagen membantu memberikan kekencangan dan struktur kulit, namun akan memburuk seiring bertambahnya usia dan paparan sinar UV. Dan, tretinoin bisa meningkatkan produksi kolagen baru dan membantu meningkatkan kekencangan kulit.

Karena Tretinoin secara kimia mengelupas lapisan atas kulit, maka dapat membantu meratakan tekstur, mengurangi munculnya bekas jerawat, membuka pori-pori yang tersumbat, dan menenangkan peradangan akibat jerawat.

Di halaman berikutnya, efek samping hingga cara penggunaan tretinoin.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."