Pidato Unik Anggota Parlemen Termuda Selandia Baru Hana Rawhiti Maipi Clarke, Pakai Tarian Haka

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Anggota parlemen termuda Selandia Baru, Hana-Rawhiti Maipi-Clarke/Foto: YouTube/Te Ao Maori News

Anggota parlemen termuda Selandia Baru, Hana-Rawhiti Maipi-Clarke/Foto: YouTube/Te Ao Maori News

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebuah video yang menampilkan seorang anggota parlemen muda Selandia Baru menjadi viral saat ia menyampaikan pidato pertamanya seraya menampilkan 'Maori haka' atau tarian Haka atau untuk menghormati adatnya. Hana Rawhiti Maipi Clarke, anggota komunitas Maori berusia 21 tahun, membuat sejarah sebagai anggota parlemen termuda dalam kurun waktu 170 tahun. 

Dalam pidato pengukuhannya, ia mengikrarkan komitmennya kepada konstituennya, dengan mengatakan, “Saya akan mati untuk Anda… namun saya [juga] akan hidup untuk Anda.”

Ia juga meninjau kembali segmen pidato peringatan Te Petihana, yang sekali lagi bergema di tengah niat pemerintah baru untuk membatasi penggunaan Perjanjian dan te reo Maori dalam masalah legislatif, menurut laporan New Zealand Herald.

Mengacu pada pidatonya sebelumnya di luar Parlemen pada peringatan 50 tahun Te Petihana (yang berarti 'petisi' di mana kelompok Maori mengadvokasi pengakuan nasional dan kebangkitan te reo Maori), Maipi-Clarke berkata, “Saya benar-benar merasa sudah mengatakannya pidato perdanaku di luar gedung Parlemen tahun lalu.”

“Hanya dalam beberapa minggu... Pemerintah ini telah menyerang seluruh dunia saya... Kesehatan, taiao [lingkungan], wai [air],whenua [tanah], sumber daya alam, lingkungan Maori, reo [bahasa], tamariki, dan hak saya dan Anda untuk berada di negara ini di bawah pemerintahan Te Tiriti,” kata Clarke.

Pernyataannya mencerminkan dampak pribadi di tengah kebijakan-kebijakan yang tampaknya ditujukan kepadanya, dengan mempertanyakan, “Bagaimana mungkin saya tidak tersinggung jika kebijakan-kebijakan ini tampaknya dibuat untuk saya?”

Di luar komitmennya terhadap generasi masa depan, ia menyampaikan pesan yang menyentuh hati kepada para pemilihnya, dengan mengatakan, “Kepada Hauraki-Waikato, saya siap melayani Anda di dalam dan di luar Parlemen. Aku akan mati untukmu di kamar ini, tapi aku akan hidup untukmu di luar tembok ini.”

Maipi-Clarke tidak menganggap dirinya sebagai politisi konvensional, melainkan dia melihat perannya sebagai kaitiaki (penjaga) bahasa, tanah, dan kearifan tradisional Maori, menurut laporan The Guardian. Dia yakin inilah waktunya bagi generasi baru suara Maori untuk didengar.

Anggota Parlemen Termuda Selandia Baru

Anggota parlemen termuda Selandia Baru, Hana-Rawhiti Maipi-Clarke/Foto: Instagram/Magazine Wow

Pada usia 21 tahun, Maipi-Clarke menjadi anggota parlemen termuda Selandia Baru yang bergabung dengan parlemen dalam kurun waktu 170 tahun pada pemilu nasional baru-baru ini, kata The Guardian. Kemenangannya berarti menggeser Nanaia Mahuta dari Partai Buruh, seorang anggota parlemen senior dan sangat dihormati yang menjabat sebagai pemilih Hauraki-Waikato Maori selama dua dekade dan merupakan perempuan Maori pertama yang menjadi menteri luar negeri.

Berasal dari Huntly, sebuah kota yang terletak di antara Auckland dan Hamilton, Maipi-Clarke mengelola mara kai, sebuah taman komunitas Maori yang mendidik anak-anak setempat tentang berkebun mengikuti kalender lunar Maori, yang dikenal sebagai ‘maramataka’. Meskipun usianya masih muda, prestasinya patut dicatat—selain menjalankan bisnis, ia menulis sebuah buku yang mendorong kaum muda menjelajahi bintang dan bulan untuk penyembuhan diri.

Silsilahnya mencakup tokoh-tokoh penting: leluhurnya, Wiremu Katene, adalah menteri Maori pertama di Kerajaan pada tahun 1872; bibinya, Hana Te Hemara, mengajukan petisi bahasa Maori ke parlemen pada tahun 1972; dan pada tahun 2018, kakeknya, Taitimu Maipi, menjadi berita utama karena memprotes warisan kolonial dan perlakuan buruk terhadap suku Maori dengan merusak patung Kapten John Hamilton, nama kota tersebut.

Apa Itu Tarian Haka 

Secara tradisional, tarian haka merupakan cara adat untuk menyambut suku yang berkunjung, sekaligus berfungsi sebagai sarana untuk memberikan energi kepada para pejuang sebelum berperang. Menjadi pertunjukan kekuatan fisik yang terjalin dengan kebanggaan budaya, persatuan, dan ketahanan.

Meski disebut sebagai tarian Maori, haka tidak sejalan dengan bentuk tarian konvensional. Biasanya dilakukan dalam kelompok, ini terdiri dari “nyanyian, gerakan yang kuat seperti menghentakkan kaki, gerakan tangan, dan ekspresi wajah”. Sifat haka bervariasi antar wilayah suku, sering kali menceritakan peristiwa penting dalam sejarah (suku) suatu iwi.

Di zaman modern, haka tetap mempertahankan maknanya sebagai simbol penghormatan dan dilakukan pada acara-acara penting seperti pertandingan olahraga, pernikahan, pemakaman, dan powhiri (sambutan tradisional).

Pilihan Editor: Rekomendasi 6 Negara Solo Traveling untuk Perempuan, dari Selandia Baru hingga Swedia

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."