Berusia Lebih dari 100 Tahun, Intip Sejarah Teater Tuschinski yang Dijuluki Bioskop Terindah di Dunia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Theater Tuschinski di Amsterdam, Belanda (pathe.nl)

Theater Tuschinski di Amsterdam, Belanda (pathe.nl)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, Teater Tuschinski dijuluki sebagai bioskop terindah di dunia. Berlokasi di jantung ibu kota Belanda, Amsterdam, tempat bersejarah ini memiliki interior Art Deco dan Art Nouveau serta tempat duduk beludru yang mewah. Bangunan ini terlihat menonjol di jalan-jalan kota berkat bagian depannya yang diberi hiasan timbul emas yang dramatis. Dan, usianya lebih dari 104 tahun.

Bioskop ini dibangun oleh Abraham Tuschinski bersama saudara iparnya Hermann Gerschtanowitz dan Hermann Ehrlich pada 1919. Mereka bermimpi membuka organ teater pertama di Belanda.

Untungnya, ambisi mereka untuk mencapai kesuksesan tetap 'hidup'. Teater mereka secara rutin disebut sebagai tempat yang wajib dikunjungi oleh para pecinta film setiap kali mengunjungi Amsterdam.

Theater Tuschinski di Amsterdam, Belanda (pathe.nl)

Beberapa Kali Renovasi, Terakhir di 2021

Bioskop ini dibuka untuk bisnis pada 1921. Sejak itu, bisokop ini jadi populer bahkan hingga kini. Film-film Eropa sering menggunakannya untuk gala premiere. Bioskop ini juga pernah digunakan untuk pemutaran perdana film Indonesia, Si Doel The Movie pada 2018. 

Selama Perang Dunia Kedua, bisokop ini beralih kepemilikan bersamaan dengan pendudukan Belanda oleh Nazi. Tuschinski kemudian dideportasi ke Auschwitz dan dia tidak dapat bertahan hidup. Perusahaan film Jerman Tobis Film mengambil alih bioskop tersebut. 

Situs ini dinyatakan sebagai monumen nasional pada 1967 karena arsitekturnya yang khas. Namun, gedung ini telah mengalami beberapa kali renovasi dalam sejarah pascaperang, yang terakhir pada 2021, yang membuatnya dipugar dengan indah tepat pada hari jadinya yang ke-100. Renovasi pada tahun 2021, yang dilakukan oleh Pathe, perusahaan film asal Prancis, memulihkan lobi Bar Abraham, tempat minum sambil menanti film atau setelahnya. 

Bioskop ini menerima gelar di dunia traveling. Time Out, misalnya, menganugerahi Tuschinski kehormatan sebagai bioskop terindah di dunia.

Para penikmat film juga memberi pujian. “Ini adalah bioskop yang menakjubkan di teater tua yang telah diubah dengan tempat duduk beludru merah yang indah, baik kursi individu maupun ganda serta boks," tulis seorang pengunjung.

“Saya telah menonton ratusan film di bioskop di seluruh dunia dan sejauh ini ini adalah film terindah yang pernah saya temui. Setiap ruangan, dinding, kursi, dan langit-langit didekorasi dengan indah dengan gaya dan karakter yang indah yang mengingatkan Anda pada era keemasan perabotan halus awal abad ke-20," tulis seorang pecinta film lainnya. 

Agendakan mengunjungi Teater Tuschinski saat bertandang ke Amsterdam ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: Cara Membuat Oliebollen, Kue Khas Belanda dengan Kismis di Dalamnya

MILA NOVITA | EXPRESS.CO.UK | THE SUN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."