6 Alasan Pentingnya Bonding Ayah dan Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ayah dan anak. Pexels/Ron Lach

Ilustrasi ayah dan anak. Pexels/Ron Lach

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Waktu bonding ayah dan anak sangat penting bagi perkembangan anak secara keseluruhan. Interaksi yang baik antara ayah dan anak akan berdampak jangka panjang pada seorang anak, tidak hanya memengaruhi tahun-tahun awal mereka tetapi juga hubungan masa depan, karier, dan kesejahteraan mereka secara umum.

Ayah berperan yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak, membantu mereka berkembang secara emosional, sosial, dan kognitif.  Saat bonding lebih dari sekedar berada di sana, tapi tentang melakukan percakapan yang bermakna dan melakukan hal-hal bersama yang memiliki efek jangka panjang terhadap perkembangan anak.

Berikut enam alasan pentingnya bonding ayah dan anak:

1. Peningkatan Prestasi Akademik

Prestasi akademis berkorelasi baik dengan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Membaca, membantu tugas sekolah, dan menstimulasi percakapan, semuanya mendukung perkembangan kognisi.

2. Jadi Sosok yang Diteladani

Ayah bertindak sebagai teladan bagi anak-anaknya, memengaruhi sikap, tindakan, dan moral mereka. Ayah yang menghabiskan waktu yang bermakna bersama anak-anaknya dapat memberikan teladan nilai-nilai moral dan keterampilan hidup yang penting bagi anak-anaknya.

3. Meningkatkan Koneksi Emosional

Ikatan emosional yang kuat dipupuk oleh bonding ayah dan anak. Bermain bersama memberikan anak rasa aman dan penerimaan, yang memperkuat ketabahan emosional mereka.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Anak-anak dapat dengan aman mengeksplorasi kekuatan mereka bersama ayah mereka. Kepercayaan diri dan harga diri anak-anak didukung oleh penguatan positif, kritik konstruktif, dan berbagi prestasi.

5. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Anak-anak memperoleh keterampilan sosial yang penting seperti kerja sama, komunikasi, dan penyelesaian perselisihan melalui aktivitas bersama. Hubungan sosial antara ayah dan anak mendukung perilaku sosial yang sesuai dengan norma sosial.

6. Meningkatkan Kemandirian

Menghabiskan waktu berkualitas bersama ayah memerlukan keseimbangan antara mendorong kemandirian dan menawarkan bantuan. Dalam hal memberikan anak mereka rasa akuntabilitas dan kemandirian, peran ayah sangatlah penting.

Pilihan Editor: 4 Alasan Pentingnya Cuti Ayah saat Bayi Baru Lahir

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."