10 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami, dari Lidah Buaya hingga Kentang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

IKLAN

6. Madu

Madu bisa menjadi salah satu alternatif menghilangkan flek hitam di wajah. Madu murni membantu menjaga kesehatan kulit tampak lebih halus dan lembut. Selain itu juga menghidrasi kulit hingga menghilangkan flek hitam di wajah. 

Anda dapat mengoleskannya ke seluruh wajah, lalu diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih. 

7. Oatmeal

Masker oatmeal mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang suka maskeran dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain sehat untuk dikonsumsi, oatmeal juga dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam di wajah. 

Caranya dengan mencampurkan oatmeal yang sudah dihaluskan lalu tambahkan perasan lemon hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah tunggu hingga 20 menit atau sampai masker mengering, lalu cuci bersih wajah. 

8. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, selain menambah cita rasa dalam makanan, kunyit juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan wajah. 

Kunyit dapat mengatasi jerawat, menyamarkan bekas jerawat, hingga menghilangkan flek hitam di wajah. 

Cara membuatnya dengan mencampurkan dua sendok kunyit yang sudah halus atau menjadi bubuk lalu tambahkan susu dan air lemon. Oleskan ke wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. 

9. Cuka Apel

Cuka apel selain sering dimanfaatkan dalam makanan. Bbahan alami yang satu ini juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah. 

Saat itu cuka apel pernah menjadi viral karena dapat dijadikan sebagai toner wajah. Kini cuka apel juga dapat menghilangkan flek hitam dengan cara mencampurkan dengan gula, lalu oleskan scrub cuka apel dan gula tersebut ke wajah, gosok dengan lembut lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas wajah dengan air. 

10. Kentang

Kentang adalah cara terakhir menghilangkan flek hitam di wajah. Kandungan dalam kentang terbukti mampu untuk menghilangkan flek hitam. 

Selain itu, kentang juga dapat melembabkan kulit dan mencerahkan kulit. Caranya sangat sederhana, iris kentang tipis-tipis lalu letakkan irisan kentang di wajah dan diamkan beberapa menit, lalu cuci bersih wajah dengan air hangat. 

Demikianlah cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami dan sederhana. Bahan-bahan ini sangat mudah untuk ditemukan di pasar atau supermarket. Selamat mencoba semoga Anda berhasil!

Pilihan Editor: Untuk Atasi Flek Hitam, Garnier Rilis Serum Malam dengan Kandungan 10 Persen Pure Vitamin C

ANNITA RAHMAWATI DEWI | LAILI IRA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."