Ana Ofelia Murguia, Pengisi Suara Mama Coco Meninggal di usia 90 tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Kompilasi foto Ana Ofelia Murgua dan karakter Mama Coco dalam film animasi Disney

Kompilasi foto Ana Ofelia Murgua dan karakter Mama Coco dalam film animasi Disney "Coco". (ANTARA/imdb.com/YouTube Disney Music Vevo)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Meksiko yang juga pengisi suara Mama Coco dalam film produksi Disney "Coco", Ana Ofelia Murguía, meninggal pada Minggu 31 Desember 2023 di usia 90 tahun. Berita tersebut dilaporkan oleh Institut Seni Rupa dan Sastra Nasional Meksiko pada hari pertama 2024, seperti dilansir laman Deadline Senin 1 Januari 2023,

“Dengan kesedihan yang mendalam kami menyesali kematian aktris Ana Ofelia Murguía, yang merupakan bagian dari pemeran tetap @CNTeatromx del #INBAL dan yang karier artistiknya sangat penting bagi seni pertunjukan Meksiko,” tulis institut tersebut melalui aplikasi X.

“Kami menyampaikan belasungkawa dan pelukan hangat kepada keluarga dan teman-temannya (Ana Ofelia Murguía)," kata Institut tersebut.

Murguia lahir di Meksiko pada tahun 1933. Ia bekerja lebih dari 40 tahun di industri film dan TV selama masa keemasan sinema Meksiko. Pada 2011, dia adalah penerima penghargaan pencapaian seumur hidup Golden Ariel. Dia juga memenangkan aktris pendukung terbaik di penghargaan Ariel pada tahun 1979, 1986 dan 1996.

Film-filmnya yang paling terkenal antara lain "La Reina de la Noche" pada tahun 1994 tentang seorang artis kabaret wanita yang mengubah kariernya di Meksiko setelah meninggalkan Berlin akibat sebuah insiden dengan Nazi dan "Nothing Will Speak of Us When We're Dead" (1995).

Murguía terlibat dalam pembuatan film "Coco" sebagai pengisi suara nenek buyut keluarga Rivera, Mama Coco. Film "Coco" animasi Disney Pixar memenangkan dua Oscar pada 2018 untuk film animasi terbaik dan lagu orisinal terbaik.

Salah satu momen "Coco" yang paling berkesan adalah adegan Mama Coco dan cicitnya Miguel menyanyikan lagu "Remember Me" bersama-sama.

Pilihan Editor: Coco Lee Meninggal dalam Usia 48 Tahun, Berjuang Melawan Depresi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."