Coco Lee Meninggal dalam Usia 48 Tahun, Berjuang Melawan Depresi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
CoCo Lee. Foto: Instagram.

CoCo Lee. Foto: Instagram.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan Hong Kong. Penyanyi dan penulis lagu, Coco Lee meninggal pada Rabu, 5 Juli 2023 dalam usia 48 tahun. Tiga hari sebelumnya, dia dikabarkan melakukan upaya bunuh diri di kediamannya pada Ahad, 2 Juli 2023.

Kabar berpulangnya Coco Lee dibagikan oleh adiknya, Nancy Lee, di media sosial. Dia mengatakan bahwa pelantun soundtrack film Mulan yang berjudul Reflection itu mengalami koma usai percobaan bunuh diri dan dirawat di RS Queen Mary, Hong Kong. 

 "Meskipun, CoCo mencari bantuan profesional dan melakukan yang terbaik untuk melawan depresi, sayangnya iblis di dalam dirinya mengambil alih dirinya," tulis Nancy di Weibo, kemarin malam. Sang adik menuliskan, kakaknya sudah bekerja keras dalam karier bernyanyinya selama 30 tahun ini dan membuat bangga keluarganya. 

Karya Coco Lee Kebanggaan Keluarga

Nancy mengungkapkan keluarga amat bangga pada kakaknya, yang sudah 30 tahun berkarier sebagai penyanyi dan dikenal yang dikenal global, tak hanya di China. Lagu CoCo Lee, Do You Want My Love, bahkan bertengger di posisi empat tangga lagu Billboard pada Desember 1999. 

Dia juga merupakan pengisi suara lagu A Love Before Time, dalam film Crouching Tiger, Hidden Dragon dan masuk nominasi The Best Original Song dalam Academy Awards 2001.

Pelantun  A Love Before Time itu lahir di Hong Kong dan masuk ke industri musik pada 1994, menghasilkan lebih dari 15 album dan mengumpulkan penjualan puluhan juta. 

"CoCo bekerja tanpa lelah untuk membuka dunia baru bagi penyanyi China di kancah musik internasional, dan dia berusaha keras untuk bersinar bagi orang China," kata keluarganya. "Kami bangga padanya!" 

Keluarga mengharapkan penggemar tak hanya merindukan Coco Lee, "Tapi juga berbagi senyum cerahnya, memperlakukan orang dengan tulus, dan menyampaikan kebaikan dan cinta kepada semua orang di sekitar kita. Lanjutkan keinginan Coco agar semua orang di sekitar merasakan cinta dan kebahagiaannya," tulis Nancy. 

Perjuangan Coco Lee Melawan Depresi

Soal depresi, diungkapkan sendiri CoCo Lee di akun Instagramnya. Dia membuat unggahan terakhir 27 pekan atau lebih dari tiga bulan lalu dengan membagikan foto tangannya yang bertato dengan tulisan, "Love." Pada keterangan unggahan, Coco Lee menuliskan, "Love & Faith - 2 kata favoritku yang aku butuhkan untuk melewati tahun yang sangat sulit ini."

Kala itu, sahabatnya ramai-ramai menguatkannya. "Coco, aku berdoa untukmu. Kirim cinta, ketulusan, dan energi," tulis Judy Joo.

Coco juga pernah mengatakan membutuhkan kekuatan dan keberanian untuk menghadapi dunia yang terasa berat. "Anda akan mendapatkan "kebijaksanaan" yang paling berharga dan akan mengubah perspektif Anda tentang kehidupan mulai saat ini dan seterusnya."

Dia berusaha melawan depresi dengan mencoba terus berpikir positif. Coco juga mengungkapkan menjaga pikirannya untuk belajar dan tumbuh agar mendapatkan 'peti harta karun kebijaksanaan' itu. 

Dalam tulisannya, Coco Lee bertekad untuk membagikan kisah hidupnya dan bagaimana dia harus menghadapi rintangan besar itu dengan menjaga sikap positifnya. "Saya senang mengatakan bahwa saya menjadi diri sendiri. Itu perasaan terbaik dan bersyukur setiap hari masih hidup dan bisa berbagi pemikiran dengan Anda," tulisnya.

Dia juga berpesan agar penggemarnya selalu menjadi diri sendiri dan hidup. "Ingat hanya ada 1 dari kamu di dunia, kamu satu-satunya. Hidup bisa terlalu singkat jadi berani bermimpi besar!" tulisnya.

Coco pun menutup tulisan di unggahan tersebut bahwa hidup adalah pilihan, jadi pilihlah apa yang membuat Anda bahagia dan bermakna.

Beristirahat dengan damai, Coco Lee.

ISTIQOMATUL HAYATI | TODAY ONLINE | THE STANDARD HK| INSTAGRAM

Jangan remehkan depresi. Untuk bantuan krisis kejiwaan atau tindak pencegahan bunuh diri:

Dinas Kesehatan Jakarta menyediakan psikolog GRATIS bagi warga yang ingin melakukan konsultasi kesehatan jiwa. Terdapat 23 lokasi konsultasi gratis di 23 Puskesmas Jakarta dengan BPJS.

Bisa konsultasi online melalui laman https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id dan bisa dijadwalkan konsultasi lanjutan dengan psikolog di Puskesmas apabila diperlukan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."