Kaleidoskop 2023: Fashion Ikonik Artis Indonesia, Kebaya Janggan ala Dian Sastro hingga Dress Batik Agnez Mo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Gadis Kretek. Dok. Netflix

Gadis Kretek. Dok. Netflix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tren fashion selalu berkembang semakin unik dan cepat di Indonesia sehingga memengaruhi penampilan masyarakat dari berbagai kalangan terutama pencinta fashion. Tak terkecuali pun bagi artis Indonesia yang dituntut selalu tampil dengan busana terbaik yang terangkum dalam Kaleidoskop 2023.

Sepanjang tahun 2023, artis Indonesia selalu tampil menarik setiap kali muncul di publik. Dunia fashion selebriti semakin memiliki kualitas yang bagus dengan ragamnya ide pakaian yang digunakan oleh selebriti. Kaleidoskop 2023 kali ini Cantika akan membahas lima fashion ikoni yang memorable dikenakan artis Indonesia sepanjang tahun. Siapa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Kebaya Janggan Dian Sastro

Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu dalam serial Gadis Kretek. Dok. Netflix

Penampilan Dian Sastro sebagai Jeng Yah dalam serial Gadis Kretek tidak hanya dikagumi dari segi karakter. Kebaya janggan sebagai ciri khas Jeng Yah dalam cerita juga menjadi sorotan. Sepanjang serial, Dian selalu mengenakan kebaya janggan yang merupakan kebaya yang memiliki model dan potongan maskulin terutama di bagian leher.

Kebaya janggan yang dipakai Dian ini sempat viral di kalangan perempuan Indonesia. Banyak yang ikut memakai kebaya janggan untuk hang-out bersama sahabat karena selain memiliki desain yang elegan, kebaya ini juga menunjukkan sifat mandiri, tegas, dan ambisius.

2. Kostum The Marvels Tatjana Saphira

Tatjana Saphira/Foto: Instagram/Tatjana Saphira

Merayakan perilisan film The Marvels pada November lalu, Tatjana Saphira bersama Aulia Sarah dan Rafael Tan terpilih untuk mengenakan kostum The Marvels yang didesain dengan sentuhan lokal hasil karya Jonathan Andy dan Wanda Hara.

Tatjana Saphira mengenakan kebaya modern yang terinspirasi dari kostum Carol Danvers (Brie Larson) yang kental warna merah dan biru. Kebaya yang menonjolkan korset biru itu dihiasi untaian bunga warna merah di bagian pundak dan pinggang. Untuk bawahannya, dia menggunakan celana hitam bahan kulit.

3. Balutan Koleksi Sapto Djojokartiko dari Raline Shah

Raline Shah turut menghadiri acara peringatan ke-12 tahun The Los Angeles Country Museum of Art (LACMA) yang bertajuk LACMA's 12th Annual Art+Film diadakan di Los Angeles pada 4 November 2023. Pada acara tersebut, Raline Shah mengenakan salah satu long dress dari koleksi terbaru Sapto Djojokartiko yang bertajuk #SAPTOJOSS23. 

Dress itu berwarna putih cenderung emas dengan tali strap di bagian pundak. Desain dress karya Sapto kali ini terlihat unik dan kompleks dengan permainan beberapa jenis bahan. Untuk bagian dalam gaun, Raline mengenakan kain transparan tanpa lengan dengan motif dot, lalu dipakai dress tali strap berbahan satin.

Poin menarik dari dress yang digunakan perempuan kelahiran 1985 itu adalah adanya lapisan kain semi transparan yang dijahitkan dari atas dada hingga telapak kaki. Kain semi transparan itu bercorak tumbuhan dan terlihat dipakai lebih dari satu lapis sehingga memberi efek tebal pada desain dress body. Lalu di bagian bawah dress, kain semi transparan itu dilengkungkkan ke dalam sehingga memberi aksen balon pada keseluruhan desain dress.

4. Kebaya Tudung Anya Geraldine

Kebaya tudung ala Anya Geraldine saat menghadiri Festival Film Indonesia, Selasa, 14 November 2023/Foto: Instagram/Anya Geraldine

Anya Geraldine tampil unik dengan pakaiannya pada Festiival Film Indonesia 2023. Ia mengenakan kebaya warna peach dengan ujung yang melengkung. Pakaian ini dipadukan dengan rok kain batik warna cokelat hingga atas mata kaki. Yang unik dari pakaian Anya adalah terdapat tudung dari brokat transparan yang tersambung langsung dengan kebaya. Adanya tudung ini membuat tampilan Anya terlihat berbeda dan memiliki kesan klasik.

5. Dress Batik Hitam Agnez Mo

Agnez Mo saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim 2023 atau COP28 yang diadakan oleh PPB di Dubai, Uni Emirat Arab pada tanggal 30 November hingga 12 Desember 2023/Foto:

Agnez Mo mendatangi Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim 2023, COP28 yang diadakan di Dubai pada 30 November hingga 12 Desember lalu. Di sana, Agnez Mo ikut tampil membawa lagu tema COP28 bersama deretan artis internasional lainnya. Ketika itu Agnez Mo mengenakan dress hitam dengan corak batik.

Tidak seperti batik yang umumnya cerah, pakaian Agnez Mo tampak elegan dengan batik hitam dengan warna dasar abu-abu gelap. Gaun tersebut tidak memiliki pundak dan lengan, memanjang dari dada hingga kaki dengan sedikit belahan di bagian kaki. Dress sang penyanyi juga tampak bervolume dengan aksen menggembung di bagian bawah pakaian.

Pilihan Editor: Kaleidoskop 2023: 5 Tren Fashion Paling Populer, dari Rok Lipit hingga Crop Top

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."