Selain Jennie Blackpink, 5 Artis K-Pop Ini juga Mendirikan Agensi Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Jennie BLACKPINK meluncurkan usahanya, mendirikan agensi baru bernama OA. Foto: Instagram.

Jennie BLACKPINK meluncurkan usahanya, mendirikan agensi baru bernama OA. Foto: Instagram.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Jennie Blackpink mengumumkan agensi yang dia dirikan, yaitu Odd Atelier atau OA pada Kamis kemarin, 24 Desember 2023. Melalui akun Instagram pribadinya, anggota grup Blackpink itu mengatakan bahwa OA akan mewarnai perjalanannya di tahun 2024.

Hai, ini Jennie. Tahun ini dipenuhi dengan berbagai pencapaian dan aku sangat berterima kasih untuk semua cinta yang aku dapatkan. Aku juga sangat menantikan apa yang akan datang sebagaimana aku memulai perjalananku di 2024 bersama sebuah perusahaan yang aku dirikan bernama OA," tulisnya.

"Tolong berikan banyak cinta untuk awalan baruku dengan OA dan tentu saja Black Pink. Terima kasih,” ungkapnya pada unggahan terbaru.

Jennie adalah salah satu dari beberapa artis Korea yang mendirikan agensi sendiri di tengah perjalanan kariernya. Selain Jennie, ada sederet artis wanita K-Pop lainnya yang telah membangun agensi untuk menunjang aktivitasnya di dunia hiburan. Siapa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Kim Sohye

Kim Sohye. Foto: Instagram/@s_sohye

Mantan anggota IOI, Kim Sohye mendirikan agensinya sendiri yang diberi nama Shark & Penguin (S&P) Entertainment. Agensi ini didirikan pada tahun 2016 ketika Sohye masih beraktivitas sebagai anggota IOI sebelum bubar tahun 2017.

Hingga kini, Sohye masih menjalani aktivitasnya sebagai penyanyi dan aktris melalui agensi yang ia dirikan bersama keluarganya.

2. Hyolyn

Penyanyi asal Korea Selatan, Hyolyn. Foto: Instagram/@xhyolynx

Pada November 2017, Hyolyn mendirikan agensi brid3 (dibaca Bridge) untuk mendukung aktivitasnya di dunia industri hiburan Korea Selatan. Bersama brid3, mantan anggota SISTAR ini telah merilis berbagai lagu hingga konser 2022 lalu.

3. Yubin

Penyanyi asal Korea Selatan, Yubin. Foto: Instagram/@iluvyub

Setelah menyelesaikan kontrak dengan JYP Entertainment pada Januari 2020, mantan anggota Wonder Girls, Yubin, mendirikan rrr Entertainment pada Februari 2020. Agensi ini tidak hanya mendukung karier Yubin sebagai penyanyi solo saja, tetapi juga menaungi penyanyi dan aktor lainnya seperti Soye, Kim Hyunchi, Park Jooyeon, Seo Juan, dan yang terbaru adalah Park Si Yeon.

4. Minzy

Penyanyi asal Korea Selatan, Minzy. Foto: Instagram/_minzy_mz

Pada Oktober 2020, mantan anggota 2NE1, Minzy mendirikan MZ Entertainment bersama sang kakak, Gong Min Young atau akrab dikenal Kongshine. Hingga kini, agensi ini telah mendukung karier bermusik Minzy dan Kongshine.

5. CL

Penyanyi Korea Selatan, CL. Foto: Instagram/@chaelincl

CL mendirikan agensi Very Cherry untuk menunjang kariernya baik nasional maupun internasional pada tahun 2020. Selain fokus menjalani agensi dan aktivitas sebagai idola, mantan pemimpin 2NE1 ini juga sempat menandatangani kontrak dengan agensi Inggris, yaitu SATELLITE414 untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Pilihan Editor: 5 Tips Diet ala Jennie BLACKPINK, Suka Pilates hingga Minum Teh Detoks

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."