Makna Dekorasi Natal yang Perlu Kamu Ketahui, dari Bintang hingga Kaus Kaki

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi dekorasi Natal. Foto: Unsplash.com/Lynda Hinton

Ilustrasi dekorasi Natal. Foto: Unsplash.com/Lynda Hinton

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah tradisi dalam perayaan Natal termasuk dekorasi Natal. Dekorasi indah yang dominan warna hijau dan merah itu membantu Anda mengingat Yesus Kristus dalam perayaan Natal yang telah dilakukan umat Kristiani selama berabad-abad. Tanpa berlama-lama lagi, berikut 10 makna dekorasi Natal di antaranya.

1. Bintang

Selama Natal, kita melihat bintang-bintang bergelantungan di lampu atau di atas pohon Natal. Bintang adalah salah satu simbol liburan yang paling dikenal.

Dekorasi berwarna kuning keemasan itu melambangkan bintang yang muncul di langit ketika Yesus Kristus lahir.

Lima tahun sebelum Yesus lahir, Samuel si orang Laman menubuatkan tentang tanda-tanda kelahiran Juru Selamat, termasuk penampakan bintang yang terang. Bintang itu menuntun Orang Majus kepada Yesus (tertulis ayat alkitab Matius 2:2 ) dan mengingatkan kita untuk mengikuti terang Juru Selamat sama seperti orang bijak mengikuti terang bintang untuk menemukan Dia (Yesus).

2. Lampu Natal dan Lilin

Lampu Natal mengingatkan Anda bahwa Yesus Kristus adalah Terang Dunia. Lampu juga dapat mengingatkan Anda untuk menjadi terang bagi orang lain dan membantu orang lain datang kepada Kristus.

Selama berabad-abad, lilin telah membawa kecerahan dan kehangatan pada musim ini. Lilin juga dapat melambangkan cahaya bintang yang muncul pada saat kelahiran Juru Selamat, dan seperti lampu lainnya, mengingatkan kita bahwa Dia (Yesus) adalah Terang Dunia. Tahukah Anda bahwa lilin sering digunakan untuk menghiasi pohon Natal sebelum lampu listrik ditemukan.

3. Pohon Natal

Sebelum kelahiran Yesus Kristus, pepohonan yang tetap hijau sepanjang tahun mempunyai arti khusus bagi manusia. Pohon yang hijau dan tumbuh subur di tengah musim dingin mengingatkan orang akan harapan dan kehidupan baru.

4. Tumbuhan Poinsettia

Poinsettia berasal dari Meksiko, dan seperti pohon cemara, ini adalah tanaman yang tumbuh subur selama musim dingin dan melambangkan kehidupan baru.

Tak berhenti di situ, bentuknya menyerupai bintang, seperti bintang yang menuntun Orang Majus kepada Yesus.

Poinsettia merah dapat mengingatkan Anda akan darah yang ditumpahkan Kristus untuk umatnya.

5. Holly

Karena buah beri merah dan daun hijau berduri bertahan sepanjang tahun, holly digunakan sebagai hiasan Natal di seluruh dunia.

Tepi tajam daun holly dapat mengingatkan Anda pada mahkota duri yang ditempatkan di kepala Juru Selamat. Adapun buah holly berry yang berwarna merah dapat mengingatkan kita akan darah-Nya yang tertumpah bagi umatnya. 

Makna dekorasi Natal selanjutnya yang membantu Anda mengingat Yesus Kristus.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."