Tips Jalani Libur Natal dan Tahun Baru Tanpa Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaLibur Natal dan tahun baru tinggal menghitung hari. Mungkin kamu sudah punya banyak rencana untuk menjalani liburan akhir tahun ini. Walau begitu, tetap saja ada yang merasa khawatir ketika traveling di musim liburan. Entah kamu liburan dengan mengemudi mobil sendiri, naik kereta api, atau pesawat terbang, saat-saat seperti ini, mudah terjadi kesalahan jika terburu-buru atau tidak melakukan persiapan.

Geoff Whitmore, seorang jurnalis dan pakar perjalanan, berbagi tips terbaiknya untuk traveling selama libur Natal dan tahun baru supaya bebas stres. “Traveling selama musim sibuk, seperti musim panas atau sekitar liburan musim dingin, dapat menambah tekanan. Jika bepergian pada musim liburan ini, ada beberapa tips yang perlu diingat untuk membantu membuat perjalanan semulus mungkin," kata dia, seperti dilansir dari Express.co.uk. 

1. Melakukan persiapan dan berangkat lebih awal

Selalu berangkat lebih awal untuk melakukan perjalanan apa pun kesempatannya, tetapi selama musim libur akhir tahun hal ini menjadi lebih penting karena bandara, stasiun kereta api, dan jalan raya akan sangat sibuk. Rencanakan perjalanan jauh-jauh hari, berkemas beberapa hari sebelumnya, dan siapkan daftar segala sesuatu yang diperlukan dan periksa pada pagi hari saat akan berangkat.

“Perjalanan bisa saja mengalami penundaan, baik Anda bepergian dengan mobil, kereta api, atau pesawat. Mungkin ada masalah teknis, cuaca buruk, atau penundaan dari satu bagian negara yang menimbulkan efek domino," kata dia.

2. Aktifkan notifikasi

Memiliki aplikasi perjalanan untuk transportasi apa pun akan membantu mendapatkan informasi lalu lintas dan cuaca terkini. Ini dapat membantu tetap mendapat informasi tentang penundaan pada saat-saat terakhir, jadi pastikan untuk mengunduh aplikasi jalan raya, kereta api, atau bandara atau mendaftar untuk menerima pemberitahuan melalui teks atau email.

“Saya mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan saat berada dalam penerbangan internasional dan mengetahui melalui pesan teks bahwa penerbangan lanjutan saya dibatalkan. Karena saya mengetahui hal ini sebelum kami mendarat, saya dapat segera memindahkan penerbangan saya sebelum terlambat.”

3. Hindari tanggal paling sibuk

Jika memungkinkan, hindari bepergian pada tanggal-tanggal sibuk selama Natal dan tahun baru karena kemungkinan besar akan jauh lebih mahal. Cobalah juga untuk berpikir out of the box saat memesan, karena pergi ke bandara atau stasiun kereta terbesar di daerah kemungkinan besar akan jauh lebih padat.

“Saat memesan penerbangan, luangkan waktu untuk memeriksa bandara sekitar tujuan yang Anda tuju. Terkadang, Anda akan menemukan penawaran khusus di bandara yang lebih kecil. Perlu juga diperiksa apakah terbang satu arah lebih murah daripada pulang pergi," dia menyarankan.

4. Bawa satu tas saja

Luangkan waktu untuk berkemas dan cobalah berkemas dengan ringan jika bisa. Jika perlu membawa kado Natal atau tahun baru untuk orang yang ditemui di tujuan, ada baiknya mengirimnya lewat pos. Ini akan membuat perjalanan jauh lebih nyaman, terutama bagi mereka yang bepergian dengan pesawat.

“Bepergian hanya dengan satu tas jinjing tidak mungkin dilakukan oleh semua orang, tetapi jika dapat, Anda dapat menghindari antrean check-in yang panjang dan langsung menuju ke bagian keamanan. Anda juga tidak perlu menunggu bagasi tiba.”

Pilihan Editor: Ini Tujuan Favorit Wisata Natal dan Tahun Baru 2023 Menurut Survei

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."