Jadi Baju Termahal, Gaun Malam Putri Diana Terjual Seharga Rp 17,8 Miliar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Gaun malam Putri Diana terjual 1,15 juta dolar AS di lelang Hollywood /Antara

Gaun malam Putri Diana terjual 1,15 juta dolar AS di lelang Hollywood /Antara

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebuah gaun malam yang pernah dikenakan Putri Diana pada tahun 1985 telah terjual pada lelang di Hollywood seharga hampir 1,15 juta dolar AS (atau sekitar Rp 17,8 miliar), 11 kali lebih mahal dari perkiraan dan merupakan rekor harga pada salah satu gaunnya.

Dikutip dari laman The Guardian, Selasa, gaun paduan warna biru dan hitam dengan aksen balerina beludru di rancang oleh desainer Maroko-Inggris Jacques Azagury dengan bantalan bahu empuk dilengkapi korset beludru hitam dengan sulaman bintang menggunakan benang metalik yang terbuat dari kain Jakob Schlaepfer dengan rok organza dua tingkat biru royal dengan selempang dan pita.

Pakaian tersebut dikenakan Putri Diana sewaktu makan malam di Palazzo Vecchio di Florence saat melakukan tur kerajaan bersama suaminya, Raja Charles, yang diselenggarakan oleh walikota Florence pada bulan April 1985. Diana juga pernah memakai gaun ini sekali lagi di Vancouver Symphony Orchestra pada tahun 1986.

Gaun itu dijual di sebuah acara pada Minggu malam bertajuk Julien's Auctions dan Turner Classic Movies Present: Hollywood Legends seharga total 1.148.080 dolar AS (907.000 euro) yang sebelumnya diperkirakan akan terjual seharga 100.000 dolar AS.

Gaun tersebut kini menjadi gaun termahal yang dikenakan mendiang anggota kerajaan yang dijual di lelang. Pemegang rekor sebelumnya, gaun beludru tahun 1991 karya Victor Edelstein, terjual AS 604.800 dolar pada bulan Januari.

Belum diketahui identitas pembeli gaun Azagury yang dilengkapi ilustrasi senada.

Menurut juru lelang, rok balerina tersebut dianggap sebagai pengakuan atas kecintaan Diana terhadap tari dan dirinya sebagai pelindung Balet Nasional Inggris. Katalog menggambarkannya sebagai “gaun malam panjang balerina yang indah dan romantis”.

Diana mengenakan banyak gaun dan dress karya Azagury, salah satu favoritnya adalah minidress georgette sutra biru es yang dikenakan pada 3 Juni 1997 ke Royal Albert Hall untuk pertunjukan Swan Lake.

Pilihan Editor: Kisah di Balik Potongan Rambut Pixie Putri Diana, Ada Peran Fotografer

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."