5 Fakta Menarik Film #OOTD yang Dibintangi Jihane Almira, Hadirkan Gemerlap Dunia Fashion

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Poster film #OOTD yang menjadi debut Dimas Anggara sebagai sutradara. Foto: Dimas Anggara.

Poster film #OOTD yang menjadi debut Dimas Anggara sebagai sutradara. Foto: Dimas Anggara.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun 2024 mendatang, kita akan disajikan berbagai film menarik yang diproduksi Indonesia, salah satunya film berjudul #OOTD yang tayang 25 Januari nanti. Film #OOTD (Outfit of The Designer) diproduksi dengan arahan Dimas Anggara sebagai sutradara, serta Delly Malik dan Herry Sobiran sebagai produser.

Film #OOTD dibintangi oleh Jihane Almira sebagai Nare, Rangga Wahyu Nattra sebagai Bagas, Asmara Abigail sebagai Luni, Givina Lukita Dewi sebagai Mala, Jolene Marie sebagai Dantie, dan Derby Romero sebagai Azka. Selain para aktor dan aktris muda, film "#OOTD" juga turut dibintangi para aktor dan aktris senior, di antaranya Shelomita Diah, Indra Brasco, dan Widyawati.

Melalui jumpa dengan media pada 14 Desember lalu, Dimas dan kawan-kawan berikan banyak fakta menarik mengenai film #OOTD. Apa saja itu? Berikut lima di antaranya.

1. Mengangkat Tema Fashion

Secara umum, #OOTD menceritakan kehidupan Nare (Jihane Almira) dan kawan-kawannya di dunia fashion dan model. Nare memiliki ambisi untuk belajar eco-fashion dengan memakai bahan pewarna alami untuk pakaiannya. Kisah Nare untuk meraih mimpinya pun juga diiringi dengan kisah percintaan dan pengkhianatan dari orang-orang di sekitarnya.

Film #OOTD menjadi film Indonesia pertama yang mengangkat kehidupan di balik dunia fashion sebagai tema utama. Delly Malik sebagai penulis cerita #OOTD mengaku bahwa ia sudah lama ingin mengangkat film yang menyorot fashion dengan kekayaan Indonesia.
"Karena saya pernah berkarir di dunia fashion juga, saya terinspirasi untuk menulis kehidupan teman-teman saya tentang fashion yang diwujudkan melalui film," jelas Delly.

2. Debut Dimas Anggara

Dimas Anggara, sutradara film #OOTD yang tayang pada 25 Januari 2024. Foto: Poplicist.

Dimas Anggara yang biasa diketahui sebagai aktor, kini bertekad 'naik kelas' dengan menjadi sutradara film. #OOTD menjadi portofolio pertama Dimas ketika mengarahkan film panjang untuk pertama kali. Sebelumnya Dimas telah pernah menyutradarai film pendek berjudul JIWA dan berhasil diputar di beberapa festival film.

"Saya sudah lama ingin naik kelas menjadi sutradara," ujar Dimas. "Karena saya suka fashion, jadi saya ingin memegang #OOTD sebagai film pertama yang saya buat." Dimas bercerita, ia telah banyak belajar dan berdiskusi dengan banyak mentor dan senior di dunia penyutradaraan dalam menggarap film pertamanya. Dimas juga mengatakan, sang istri, Nadine Chandrawinata selalu mendukung Dimas dalam ambisinya menjadi sutradara.

3. Bekerja Sama dengan 19 Desainer 

Dalam film ini, Jihane dan kawan-kawan akan sering tampil dengan pakaian Indonesia yang modis karena pihak produksi #OOTD bekerja sama dengan 19 desainer Indonesia untuk mendukung pembuatan film.

Para desainer tersebut di antaranya adalah Rumah Pesona Kain by Chossy Latu, Rumah Pesona Kain by Auguste Soesastro, Rumah Pesona Kain by Didiet Maulana, Edward Hutabarat, Itang Yunasz, Denny Wirawan, Kasha by Sjully Darsono, Deden Siswanto, Atta by Sarita Thaib, Dian Oerip, Iyonono, Maitua, Emmy Thee, Koyko, Oline Workrobe, Gamma Official, Nadi.Wear, Nadi Sarna, Batik BW+ by Baby Wajong, NES by HDK, Mahija, dan Aidan and Ice.

Jihane mengaku bangga mengenakan pakaian yang dibuat oleh 19 desainer, terlebih ketika #OOTD melaksanakan syuting di luar negeri. "Kita ditanya oleh orang-orang di sana, dapat baju ini di mana? Kita jawab dari Indonesia. Itu menjadi kebanggan tersendiri buat kita," cerita Jihane.

4. Tantangan Aktor Utama

Memainkan film fashion membuat beberapa pemain mengaku mulai aware tentang fashion dan dunia model, terutama bagi Givina dan Shelomita. Sedangkan untuk Asmara yang merupakan lulusan sekolah fashion, ia merasa nostalgia ketika bermain di #OOTD.

Untuk Rangga, ia mengatakan perannya sebagai Bagas adalah karakter yang berbeda dengan tokoh yang biasa ia mainkan. Rangga yang memiliki kepribadian ekstrovert tidak pernah memainkan karakter yang cool dan lebih tenang. Jadi memainkan peran Bagas adalah tantangan untuknya.

5. Lokasi Syuting di Birmingham

Produksi film #OOTD dilaksanakan di Jakarta, Malang, dan Birmingham, UK selama satu bulan penuh, Mei 2023. Dimas dan kawan-kawan menjadikan sekolah fashion yang ada di Birmingham sebagai lokasi utama cerita Nare berlangsung.

"Kalau ambil Paris, Milan, itu sudah banyak yang nyorot. Kita pilih UK biar beda dan orang-orang nantinya tahu oh ternyata ada sekolah fashion juga di UK," jelas Dimas saat ditanya alasan pemilihan Birmingham. Ia juga sebut Birmingham adalah kota yang unik karena memiliki banyak bangunan dengan desain yang aneh dan menarik.

Pilihan Editor: Jihane Almira Raih Best National Costume, Inspirasi Kegagahan Kuda Sumba

ANNISA YASMIN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."