Ria Miranda Angkat Kisah Selayar dari Sulawesi Selatan untuk Pagelaran Akhir Tahunnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
RiaMiranda Annual Show 2024/Ria Miranda

RiaMiranda Annual Show 2024/Ria Miranda

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer Ria Miranda menggelar RiaMiranda Annual Show 2024 pada awal Desember 2023. Dalam pagelaran Annual Show tahun ini, RiaMiranda mengusung rangkaian koleksi yang bertajuk “Selayar” diangkat dari sebuah kisah dari Sulawesi Selatan, yang bercerita tentang kisah seorang wanita yang ditinggal pergi oleh sang suami untuk mencari nafkah. Sang suami mencari nafkah dengan berlayar di tengah lautan dengan perahu istimewa yaitu perahu pinisi. Pada saat itu, perahu pinisi dibuat tanpa menggunakan peralatan canggih dan modern. Nahasnya, dalam perjalanannya mencari nafkah sang suami gugur di tengah laut dan tidak kembali pulang ke rumah.

Hal yang istimewa adalah ekspresi sedih dari sang istri disalurkan melalui proses menenun dengan penuh harapan dan optimisme. Dalam karya seni tersebut, ornamen lagosi, yang terinspirasi oleh kain strimin, menjadi medium untuk menggambarkan perasaannya. Motif bunga mawar dalam ornamen lagosi mencakup empat elemen utama, seperti daun, bunga yang mekar, bunga kuncup, dan tangkai bunga. Proses menenun yang diwarnai oleh lantunan doa dan harapan sang istri menjadi bukti cinta seorang perempuan yang menjaga kesucian dan harga dirinya.

Ria Miranda mengatakan koleksinya tahun ini memiliki makna yang cukup dalam baginya. “Koleksi Annual Show tahun ini sangat memberikan makna sangat dalam bagiku. Koleksi ini berbicara tentang ketekunan, kesabaran, pertumbuhan diri, dan fungsi perempuan sebagai penyeimbang hidup dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya. Melalui rasa percaya yang sudah kita miliki sejatinya membuat kita semakin selaras dan semangat menjalani 2024," katanya. 

Kisah itu pun, kata Ria Miranda sejalan dengan perjalanan brandnya. "Semoga bisa selalu konsisten untuk bisa selalu menginspirasi, bermanfaat, dan selalu menebar nilai kebaikan kepada lingkungan sekitar," katanya. 

Terdapat 51 look koleksi yang ada di Annual Show tahun ini. Ria Miranda pun berusaha menampilkan indahnya tenun Lagosi yang dipadukan dengan perpaduan kain strimin. Ria Miranda mencoba untuk dengan menerjemahkan inspirasi tenun menjadi sesuatu yang modern casual, edgy feminine. "Beberapa silhouette dan detail baru juga ditampilkan pada look shoulder wedge, puff sleeve, embroidery quilt. Perpaduan fabric, detail embroidery, patchwork, dan beads juga melengkapi indahnya koleksi di tahun ini,” katanya.

RiaMiranda telah menunjukkan konsistensinya selama 15 tahun di industri fashion dengan menjadi Trend Setter Modest dan memiliki 40 gerai dari Aceh hingga Jayapura. RiaMiranda memiliki komunitas yang kuat di seluruh Indonesia, komunitas ini tidak hanya merupakan sekumpulan individu yang memiliki ketertarikan serupa dalam modest fashion, melainkan juga menjadi panggung bagi berbagai kegiatan rutin yang diadakan dengan tujuan utama pemberdayaan perempuan.

Selain itu Ria Miranda mengatakan. Ia pun ingin berterima kasih kepada semua RiaMiranda Woman yang selalu setia mengikuti perjalanan brand RiaMiranda. "Semoga brand ini bisa selalu selaras dan memberi manfaat nilai kebaikan dalam setiap Langkah dan lingkungan sekitar,” katanya.

Tahun ini, Annual Show membuat kolaborasi apik bersama Wardah Beauty untuk menciptakan look make up yang akan khusus menggabungkan komposisi warna dengan tema koleksi yang akan ditampilkan. "Mengetahui bahwa fashion dan make up tidak bisa terpisahkan, kali ini Ria Miranda dan Wardah kembali mengkolaborasikan look make up khusus untuk perhelatan Ria Miranda Trend Show 2024. Nantinya akan ada dua look make up hasil inisiasi bersama make-up profesional Wardah yang dikembangkan dengan produk Wardah Colorfit Series di complexion dan Lip Paint limited edition Around the World untuk riasan bibir serta Crystal Secret Series untuk skin preparation agar kulit seluruh model lembab terhidrasi sehingga riasan tahan lebih lama." ujar Findi Novia, Wardah Decorative Marketing Group Head.

Kehadiran Tokopedia sejalan dengan misi brand RiaMiranda sebagai pelaku industri Modest Fashion. Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo, mengatakan timnya terus berupaya membantu pelaku usaha di Indonesia–termasuk di bidang fesyen muslim–memulai dan membangun bisnis lewat pemanfaatan teknologi untuk meraja di negeri sendiri. Salah satunya, dengan mendukung perhelatan Ria Miranda Annual Show 2023. "Lewat kolaborasi ini, masyarakat bisa mendapatkan sejumlah koleksi yang dipamerkan pada Ria Miranda Annual Show 2023 secara eksklusif melalui Tokopedia dengan Tokopedia berharap dapat terus menjadi panggung bagi pelaku usaha di Indonesia termasuk di bidang fesyen muslim untuk menciptakan peluang bisnis sekaligus bersama mendorong pemerataan ekonomi secara digital,” katanya.

Prima Nestiti Paramita selaku Category Marketing Manager dari Versuni Homelife Indonesia mengatakan timnya percaya penampilan bukan hanya seputar gaya tapi juga tentang merawat yang dimiliki. Selaras dengan Ria Miranda yang selalu mengedepankan kualitas dalam karyanya selama lebih dari 13 tahun. Timnya pun bangga menjadi partner Ria Miranda dalam memastikan koleksi pakaiannya selalu hidup dan terjaga, sehingga dapat dinikmati semua fashionista Indonesia.

“Bersama Philips Handheld Steamer di Ria Miranda Annual Show 2023, kami mengajak para fashionista Indonesia untuk terus "power up your style" agar semakin percaya diri dengan koleksi terbaru Ria Miranda, juga Philips Handheld Steamer dapat menjadi pilihan utama untuk merawat agar karyanya terus hidup dan berkualitas dalam jangka panjang,” lanjut Prima Nestiti Paramita.

Pilihan Editor: Ria Miranda Rayakan 10 Tahun Minang Heritage, Koleksi Printing Berbalut Budaya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."