Ketahui Cara Menyimpan Teh yang Tepat beserta Cara Menyeduhnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Teh. Foto: Unsplash.com/Desi Dermz

Ilustrasi Teh. Foto: Unsplash.com/Desi Dermz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk merasakan nikmat dan mengoptimalkan manfaat dari teh, kita perlu memperhatikan cara menyimpan teh sekaligus menyeduh yang tepat. Menurut spesialis teh (tea specialist) dan pendiri Havilla Tea, Neysa Valeria cara menyimpan teh yang perlu diperhatikan adalah di dalam wadah kedap udara dan jauh dari sinar cahaya matahari.

“Kalau tidak disimpan rapat, teh akan menyerap aroma di sekitarnya. Teh juga harus disimpan dalam keadaan kering,” jelas Neysa dalam acara perayaan sembilan tahun Havilla Tea di Jakarta Selatan, Selasa, 12 Desember 2023.

Neysa juga mengingatkan untuk penyimpanan teh organik, bila tidak disimpan dengan baik, teh akan mengundang kumbang untuk mendekat.

Bagaimana soal menyeduh teh? Neysa mengatakan perlu menggunakan air panas saat menyeduh teh agar mudah mengekstrak warnanya. Dia juga menjelaskan adanya perbedaan suhu air yang digunakan sesuai jenis teh.

“Semakin tua warnanya, semakin panas airnya. Jadi untuk teh dengan warna lebih muda seperti teh hijau dan teh putih, suhunya harus lebih rendah, karena teh jenis ini harus diperlakukan dengan hati-hati. Kalau teh yang gelap seperti teh hitam, justru diperlukan air yang sangat panas agar warna teh keluar,” jelas Neysa.

Di antara semua jenis teh, teh hitam memiliki penyeduhan tertinggi, yaitu 100 derajat celcius. Sedangkan teh putih adalah penyeduhan dengan suhu paling rendah yaitu 60 hingga 70 derajat celcius.

Menyoal kekentalan dalam menyeduh teh, Neysa mengatakan bahwa tidak ada masalah jika teh tersebut kental atau tidak. Semua itu kembali lagi ke preferensi pribadi.

“Teh itu pada dasarnya juga bisa diseduh lebih dari satu kali jadi tidak masalah jika diseduh berulang,” tambahnya.

Sebagai tea specialist sekaligus pencinta teh artisan, Neysa menyebut tahun 2024 akan banyak bermunculan merek teh lokal di Indonesia. Hal itu dilihat dari melihat minat masyarakat terhadap teh premium dan herbal semakin tinggi.

Pilihan Editor: Manfaat Minum Teh Hijau dan Teh Hitam untuk Kesehatan Otak

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."