Mengulik 5 Manfaat Batana Oil untuk Rambut dan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak batana atau batana oil termasuk minyak alami yang membantu pertumbuhan rambut, mengatasi rambut kering, dan menjaga kelembapan kulit. Batana oil berasal dari biji pohon palem Amerika, yang merupakan tanaman asli Amerika Tengah. Ini kali pertama ditemukan oleh masyarakat di Honduras, dan digunakan sebagai pengobatan holistik untuk merawat rambut dan perawatan kulit.

Batana oil terdiri dari asam lemak dan fitosterol merupakan emolien yang bisa memberikan kilau dan kelembutan pada rambut, dan sifat oklusifnya membantu menghindari kehilangan air dan mendukung hidrasi kulit,” kata Alec Batis, mantan ahli kimia kosmetik dan pendiri Sweet Chemistry, dikutip dari laman Purewow, 11 Desember 2023.

Batana oil juga kaya sumber vitamin E, penangkal radikal bebas untuk membantu menjaga elastisitas kulit, menurut suku asli Miskito, penduduk asli di Amerika Tengah yang memiliki ras campuran.

Manfaat Batana Oil untuk Rambut dan Kulit

1. Memperbaiki Rambut Kering

Minyak rambut ini mampu melawan kekeringan dan menutrisi rambut Anda secara mendalam. Cukup tambahkan beberapa tetes ke dalam semprotan penata rambut atau kondisioner tanpa bilas. Atau Anda bisa mengaplikasikannya sendiri, sebagai langkah terakhir dari rutinitas perawatan rambut Anda.

2. Memperkuat Helai Rambut

Minyak batana juga memperkuat helai rambut. Setelah Anda mengoleskan minyak, gunakan ujung jari Anda untuk memijatnya dengan lembut ke kulit kepala.

Kemudian bungkus rambut Anda dan masukkan ke dalam penutup rambut selama 15 hingga 30 menit. Terakhir, bilas dan lanjutkan dengan sisa rutinitas mencuci Anda.

3. Dapat Mengembalikan Kilau Rambut dan Kulit

Jika Anda mengalami rambut atau kulit kusam, minyak batana dapat membantu. “Emolien alami ini dapat menambah kilau berkilau pada rambut dan menyempurnakan penampilan secara keseluruhan,” kata David Richard Petrillo, ahli kimia kosmetik dan pendiri Perfect Image.

4. Mengurangi Rambut Kusut dan Patah

Menurut Petrillo, minyak batana dapat membantu mencegah ujung rambut bercabang, sekaligus mengatasi rambut kusut, menjaga rambut lebih halus dan mudah diatur.

5. Dapat Melembapkan Kulit Kering

“Karena kaya akan vitamin dan asam lemak omega-6, minyak batana dapat berfungsi sebagai emolien untuk membantu melembapkan kulit dan memberikan manfaat antioksidan dan anti-inflamasi,” kata Rob Robinson, ahli kimia kosmetik dan pendiri BeautyStat.

“Dan mengingat sifat antioksidannya, ini dapat melindungi kulit dari garis-garis halus dan kerutan.”

Batana Oil. purewow.com

Efek Samping Batana Oil

1. Terlalu Berat untuk Jenis Rambut Tertentu

Meskipun minyak batana memiliki banyak manfaat, ada juga beberapa efek samping yang harus Anda pertimbangkan. Batana oil mungkin berat untuk beberapa jenis rambut. Menurut Reham Essa, apoteker, ahli kimia kosmetik, dan pendiri Radixir Skincare, mereka yang memiliki rambut halus atau berminyak sebaiknya menghindari penggunaan produk ini karena dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan menyebabkan rambut rontok.

2. Bisa Menyebabkan Jerawat dan Iritasi

Minyak batana memiliki kandungan asam lemak oleat yang tinggi, berarti lebih kental dan membutuhkan waktu penetrasi yang lebih lama dibandingkan minyak yang memiliki kandungan asam lemak linoleat yang lebih tinggi. Hasilnya luar biasa bagi mereka yang memiliki kulit kering dan kulit kepala kering, namun dapat menyumbat pori-pori bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat, menurut Batis.

3. Dapat Memicu Reaksi Alergi

Jika Anda mencoba minyak batana untuk kali pertama, para ahli menyarankan untuk melakukan uji tempel pada lengan bagian dalam dan mewaspadai reaksi apa pun.

Seperti yang dijelaskan Petrillo, marena minyak batana berasal dari kacang pohon palem, individu yang alergi kacang sebaiknya menghindari penggunaannya.

"Reaksi alergi dapat berkisar dari gejala ringan hingga gejala yang lebih parah, jadi uji tempel sangat penting sebelum digunakan secara luas," jelasnya.

Apakah Batana Oil Membantu Pertumbuhan Rambut?

Hingga saat ini, belum banyak cukup bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa minyak batana mendorong pertumbuhan rambut.

“Meskipun minyak batana sering dipuji karena sifatnya yang melembapkan dan menutrisi, hanya ada penelitian terbatas yang mendukung perannya dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak batana memang berkontribusi terhadap kesehatan rambut secara keseluruhan, namun belum tentu menyebabkan pertumbuhan rambut,” jelas Petrillo.

Seberapa Sering Harus Menggunakan Batana Oil?

Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan batana oil setidaknya sekali atau dua kali seminggu tergantung kondisi Anda. Gunakan minyak batana sebagai perawatan sebelum keramas atau campurkan beberapa tetes ke dalam kondisioner Anda dan biarkan selama setidaknya 15 hingga 30 menit untuk digunakan sebagai masker.

Jika Anda ingin menggunakan batana oil sebagai perawatan semalaman, Batis menyarankan untuk mengenakan topi agar tidak menodai sarung bantal dan seprai Anda.

Pilihan Editor: 8 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."