Ketahui Ciri-ciri Minyak Goreng yang Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menuangkan minyak untuk masak. Shutterstock

Ilustrasi menuangkan minyak untuk masak. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tubuh kita membutuhkan lemak untuk berfungsi secara optimal. Menurut dokter gizi Yohan Samudra, lemak bermanfaat untuk pembentukan sel, mengganti sel hingga pembentukan hormon dalam tubuh. Nah, salah satu sumber lemak bisa diperoleh dari makanan yang digoreng. Maka dari itu, penting untuk kita memilih minyak goreng yang sehat. Apa saja cirinya?

Tanda pertama minyak goreng yang sehat adalah tidak mudah berasap. "(pilih) Minyak yang titik asap tinggi saat kita panaskan lebih tahan panas dan tidak mudah mengeluarkan asap," ujar dokter Yohan dalam acara peluncuran Sania Royale di SCBD, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

Sebagai informasi, titik asap adalah temperatur ketika minyak dipanaskan sebelum keluar asap dan berubah warna, yang menandakan berubahnya komposisi dalam minyak.

Selanjutnya, gunakan minyak goreng yang tidak mudah rusak. "Menggoreng tidak boleh berkali-kali karena ada ikatan karbon yang rusak, sehingga meningkatkan radikal bebas atau oksidan. Jadi, memilih minyak yang mengandung antioksidan juga bagus," katanya.

Yohan juga menegaskan bahwa tidak semua minyak jahat dan pentingnya memilih minyak dengan kandungan lemak tak jenuh atau unsaturated fat.

"Yang boleh dikonsumsi unsaturated fat, lemak tidak jenuh. Yang perlu dibatasi lemak jenuh atau saturated fat, dan lemak trans harus sangat minim dikonsumsi," jelas dokter yang praktik di RS Premier Bintaro itu.

Menurut Yohan, lemak trans biasanya diperoleh dari makanan yang diproses seperti daging olahan, french fries, pastry, mentega hingga minuman kemasan dengan whipped cream. "Itu perlu dibatasi," tegasnya.

Lantas dari mana saja sumber lemak tidak jenuh, ada yang berasal dari alpukat, zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan, juga ikan laut. Bukan cuma itu, ada pula dari minyak nabati seperti minyak bekatul (rice barn), bunga matahari (sunflower), dan canola.

Keunggulan Minyak Bekatul Kaya Gamma Oryzanol

Bicara soal minyak bekatul atau rice barn oil, minyak goreng merek Sania Royale baru-baru ini merilis minyak goreng yang terbuat dari kulit ari beras cokelat itu. Menurut dokter Yohan, kulit ari beras tersebut tinggi serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

“Sudah menjadi komitmen Sania Royale untuk terus menghadirkan minyak nabati yang baik dan berkualitas. Kategori rice bran oil atau minyak bekatul ini dipilih secara khusus karena memiliki banyak manfaat kesehatan sehingga dapat dikonsumsi bagi yang menjalankan pola hidup sehat atau diet sekalipun," ungkap Nuri Rialen selaku Head of Marketing Sania Royale. 

Menurut Nuri, dibutuhkan 100 kg beras coklat (brown rice) untuk menghasilkan 1 liter rice barn oil yang murni.

"Dan hasil penelitian kami yang panjang juga berhasil membuat kandungan Gamma Oryzanol setinggi 10,000 ppm atau sekitar 15x lebih banyak dibandingkan jenis minyak bekatul yang umumnya diproduksi," tuturnya.

(dari kiri) Chef Hideki Fujiwara, Nuri Rialen selaku Head of Marketing Sania Royale, dan dokter gizi Yohan Samudra dalam peluncuran rice barn oil dari Sania Royale di SCBD, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2023. Foto: Dok. Sania

Minyak bekatul murni juga disebut kaya gamma oryzanol. Apa itu? Gamma oryzanol adalah kelompok senyawa fitosterol yang ditemukan secara alami dalam beras, terutama dalam bagian kulit beras dan lapisan aleuron (lapisan tipis di antara bagian luar dan dalam butir beras).

“Gamma oryzanol adalah senyawa yang ditemukan dalam minyak beras di mana kandungan ini memiliki beberapa manfaat yang membuat asupan minyak yang mengandung gamma oryzanol menjadi penting dalam konteks kesehatan. Contohnya Gamma oryzanol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat). Ini dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan meningkatkan profil lipid secara keseluruhan,” papar Dokter Yohan. 

Dokter Yohan juga mengungkap bahwa bahwa kandungan vitamin E yang tinggi pada gamma oryzanol membuatnya memiliki sifat antioksidan, maka dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh membantu mencegah kerusakan sel dan berbagai penyakit degeneratif.

Penting untuk diingat bahwa sumber vitamin E dalam gamma oryzanol mungkin bervariasi tergantung pada kualitas dan pengolahan minyak beras yang digunakan, sehingga memiliki lebih banyak nutrisi, termasuk vitamin. 

Salah satu fakta menarik tentang minyak bekatul adalah kaitannya dengan tradisi kuliner masyarakat Jepang lebih 100 tahun lalu. Dalam konteks sejarah, minyak bekatul telah digunakan secara luas dalam berbagai hidangan Jepang, memberikan sentuhan lembut dan karakteristik rasa yang khas. Keberlanjutan penggunaannya mencerminkan tidak hanya nilai gizi yang dimilikinya, tetapi juga kecintaan masyarakat Jepang terhadap tradisi dan keaslian bahan lokal dalam menyajikan hidangan yang bermakna.

Pilihan Editor: 7 Minyak Goreng Paling Menyehatkan Menurut Studi, Termasuk Zaitun Extra Virgin

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."