Sebab Celana Dalam Wanita Lebih Cepat Tipis dan Berlubang, Ini Penjelasan Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi celana dalam perempuan. Freepik

Ilustrasi celana dalam perempuan. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu masalah saat mengenakan celana dalam wanita ialah lebih cepat tips dan berlubang. Jika diperhatikan lebih detail, area berlubang biasanya di titik tertentu yang melapisi area luar vagina. Lalu sebenarnya apa penyebab penyebab celana dalam wanita sering berlubang di area yang sama?

Hal tersebut terjadi bukanlah tanpa alasan Spesialis Dermatologi dan Venerologi Dokter Ruri D. Pamela mengatakan mengapa celana dalam wanita cepat tipis, berlubang, dan berubah warna. 

"Kondisi celana dalam yang berlubah bisa disebabkan oleh keputihan yang kerap dialami perempuan. Sifat cairan yang asam akan membuat celana dalam semakin terkikis dan cepat tipis," ucap Dokter Ruri di acara peluncuran Laundry Lab oleh Filmore Pharma, Kamis, 7 Desember 2023 di Jakarta. 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Ruri Diah Pamela saat ditemui dalam acara peluncuran Laundry Lab, Kamis, 7 Desember 2023/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

Masih ada beberapa perempuan yang belum menyadari penyebab celana dalam mereka di area tertentu cepat rusak, tipis, dan berlubang. Selain karena keputihan, penyebab lainnya ialah pemakaian deterjen untuk mencuci celana dalam yang tidak sesuai juga berpengaruh. 

“Saat mencucui dan memakai deterjen dan seringkali tidak disadari. Pakaian dalam kalau dicuci menggunakan deterjen akan meninggalkan residu,” kata dr.Ruri.

Residu yang menempel tersebut, lanjut Dokter Ruri jika terkena keputihan dari organ kewanitaan akan menimbulkan reaksi kimia. Kondisi tersebutlah yang membuat bahan celana menjadi terkikis. Akibatnya celana dalam yang dikenakan di area tertentu bisa menjadi bolong.

Pilihan Editor: Mana yang Lebih Baik, Pakai Celana Dalam saat Berolahraga atau Tidak?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."