COMF yang Digagas Franka Soeria Menyatukan Penggiat Modest Fashion dalam Skala Global

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
The Council of Modest Fashion atau yang lebih dikenal sebagai COMF adalah organisasi Modest Fashion dunia yang didirikan oleh penggiat Modest Fashion Indonesia yaitu Franka Soeria/Foto: Instagram/Franka Soeria

The Council of Modest Fashion atau yang lebih dikenal sebagai COMF adalah organisasi Modest Fashion dunia yang didirikan oleh penggiat Modest Fashion Indonesia yaitu Franka Soeria/Foto: Instagram/Franka Soeria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - The Council of Modest Fashion atau yang lebih dikenal sebagai COMF adalah organisasi modest fashion dunia yang didirikan oleh penggiat Modest Fashion Indonesia yaitu Franka Soeria di tahun 2018. 

COMF yang anggotanya terdiri dari brand atau desainer Modest Fashion, entrepreneur dan penggiat modest fashion- memiliki kantor cabang di delapan kawasan/negara yaitu Asia, Eropa, Russia & CIS, Afrika, Latin Amerika, Asia Selatan, Azerbaijan, dan Qatar. 

COMF didirikan dengan tujuan menyatukan penggiat modest fashion dalam skala global, menciptakan Kerjasama antar-negara dan juga sebagai “penjaga” industri modest fashion

Para pemimpin COMF tiap Kawasan memiliki pengaruh dan pencapaiannya masing-masing. Setiap Kawasan COMF mengadakan berbagai aktivitas modest fashion dari talkshow, bazaar/trade show hingga fashion show

The Council of Modest Fashion memiliki goals sebagai aktivasi modest fashion dan pemilihan 100 brand terbaik di dunia/Foto: Doc. COMF

“COMF adalah aliansi global industri modest fashion”, ujar Franka, “Ada banyak penggiat Modest Fashion di seluruh dunia dan setiap Kawasan memiliki tantangan dan peluangnya masing-masing. Karena itu approach yang dilakukan berbeda dari satu Kawasan ke Kawasan lainnya," jelas Franka Soeria yang dikenal sebagai Modest Fashion Expert dan telah menyelenggarakan event Modest Fashion lebih di 15 negara.

Sebagai organisasi, COMF telah mendukung puluhan event Modest Fashion di seluruh dunia dan juga mengadakan perhelatan besarnya sendiri, semua didedikasikan untuk industri Modest Fashion.

Sebelumnya COMF bersama #Markamarie telah menyelenggarakan event Together(e): International Virtual Modest Fashion Summit di tahun 2021 dan Modest Fashion Day di Kazan, Russia di tahun 2022 (bersama Modest Russia dan Invest Tatarstan). 

Tahun ini,  COMF bersama Modest Russia yang digawangi Dilyara Sadrieva, mengadakan event bertema Modest Fashion di Seasons Fashion Week dan menghadirkan lima brand Modest Fashion yaitu ARAIDA, Hatsibana, Jannat, Milana Plieva dan 1964 Clothes. 

The Council of Modest Fashion memiliki goals sebagai aktivasi modest fashion dan pemilihan 100 brand terbaik di dunia/Foto: Doc. COMF

Event yang digelar pada bulan November 23-26 di Hotel Four Seasons- Moscow, Russia ini menyajikan koleksi yang beragam dari abaya, office wear, evening, dan couture wear hingga modest wear.  Event yang dihadiri oleh para selebriti, media dan professional di industri fashion berhasil memukau para pengunjung dan menjadi trending di sosial media Russia VK.com dengan jutaan views.

Sementara sebelumnya secara berturut-turut COMF Eropa (dipimpin Meriem Lebdiri) turut mendukung event sustainable fashion Greendayz di Jerman dan COMF Qatar (dipimpin oleh Farhan Al Sheikh Al Sayed) mendukung promosi karya para desainer Bangladesh di Qatar melalui acara Enchanting Fabrics Uniting Cultures. 

“Ketika kita semua bergerak bersama pada waktu bersamaan, maka percepatan pertumbuhan Modest Fashion akan berjalan lebih cepat. Modest Fashion adalah segmen fashion baru yang butuh banyak diperkenalkan dengan berbagai cara,” jelas Franka yang juga dikenal sebagai co-founder #Markamarie melalui siaran pers kepada Cantika, Selasa 5 Desember 2023. 

The Council of Modest Fashion memiliki goals sebagai aktivasi modest fashion dan pemilihan 100 brand terbaik di dunia/Foto: Doc. COMF

Salah satu project COMF utama saat ini adalah program Modest Fashion 100. Ini adalah 
pemilihan 100 brand Modest Fashion terbaik di seluruh dunia. Nantinya list brand terbaik ini akan dirilis setiap tahun dan diperkenalkan ke dunia melalui jaringan internasional COMF. Saat ini tercatat sudah ratusan brand mendaftar dari berbagai negara. 

“Brand dapat mendaftarkan brandnya untuk masuk ke dalam daftar Modest Fashion 100 dan masuk ke dalam ekosistem modest fashion global. Dengan begini kita akan lebih terhubung dan mengenali potensi berbagai negara,” ujarnya.

Franka berharap semua kegiatan Council of Modest Fashion termasuk Modest Fashion 100 dapat ikut mendukung percepatan pertumbuhan industri modest fashion secara berkesinambungan.

Pilihan Editor: Salma Salsabil Meriahkan Pembukaan IN2MF 2023, Perayaan Modest Fashion Telah Dimulai

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."